Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MNEWS.co.id – Dalam “Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (e-commerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022” yang dilakukan melalui riset tSurvey.id oleh Telkomsel, ditemukan bahwa tiga dari lima e-commerce yang disukai UMKM untuk berjualan online adalah platform lokal.

“Temuan-temuan ini menjadi cerminan pentingnya pengalaman dan pelayanan yang memuaskan bagi para responden sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi para pelaku platform pasar dagang online untuk mengambil keputusan bisnis ke depannya, terutama di tengah persaingan ketat antar platform,” kata Vice President Data Solutions Telkomsel, Alfian Manullang, dalam siaran pers dikutip dari Antara, Jumat (5/8/2022).

Melalui survei tersebut, ditemukan jika platform yang dipercaya UMKM untuk berjualan secara online adalah Tokopedia (76 persen), Shopee (75 persen), Lazada (19 persen), Bukalapak (18 persen), dan Blibli (14 persen).

Sementara untuk kategori platform yang paling sering digunakan oleh UMKM untuk berjualan secara online adalah Tokopedia (47 persen), Shopee (45 persen), Lazada (5 persen), Bukalapak (2 persen), dan Blibli (0 persen).

Survei tersebut juga mengungkapkan jika kelima platform itu memberikan pengalaman paling memuaskan untuk berjualan secara dalam jaringan, dengan rincian performa Tokopedia (69 persen), Shopee (62 persen), Lazada (11 persen), Bukalapak (9 persen), dan Blibli (4 persen).

Untuk kategori platform jualan online dengan memuaskan, Tokopedia masih menjadi nomor satu (68 persen), Shopee (61 persen), Lazada (11 persen), Bukalapak (11 persen), dan Blibli (6 persen).

Riset dan survei pasar ini dilakukan berbasis pengguna ponsel dengan nomor seluler Telkomsel, melibatkan 1.000 responden pelaku UMKM di seluruh Indonesia pada 10-24 Juni 2022.

Demografi responden yang berasal dari Jabodetabek berjumlah 60 persen, sementara responden dari Pulau Jawa non-Jabodetabek sebesar 30 persen.

Sebanyak 10 persen responden berasal dari luar Pulau Jawa dan jika dilihat berdasarkan gender, 60 persen responden adalah laki-laki dan 40 persen perempuan.