Ilustrasi membuat kartu Lebaran online. (Grafis: Regina Mone)

MNEWS.co.id – Biasanya para pelaku UMKM yang menjual parsel atau hampers Lebaran akan melengkapi paket bingkisan tersebut dengan kartu ucapan. Namun di tengah kesibukan dan keterbatasan tenaga dalam memproduksi produk untuk mengisi hampers, terkadang urusan desain kartu Lebaran pun menjadi dinomorsekiankan oleh para pelaku UMKM.

Selain untuk kebutuhan hampers, desain ucapan Lebaran juga dibutuhkan oleh pelaku UMKM terkait konten greetings momen Idulfitri yang akan diunggah di media sosial.

Tidak harus mengeluarkan biaya tambahan menyewa jasa seorang desainer grafis profesional untuk membuat desain kartu Lebaran. Saat ini, sudah cukup banyak tersedia website maupun aplikasi yang dapat membantu pelaku UMKM membuat desain kartu Lebaran online secara gratis dengan mudah.

Yuk, simak beberapa website dan aplikasi online yang bisa digunakan oleh pelaku UMKM untuk membuat desain kartu lebaran secara gratis. 

Canva
Canva masih menjadi salah satu aplikasi andalan untuk membuat berbagai desain dengan mudah. Mulai dari membuat logo, undangan, hingga desain kartu ucapan Lebaran. Daya tarik Canva adalah memiliki ratusan gambar, desain, template, elemen, dan font yang bisa digunakan secara gratis.

Ilustrasi membuat kartu Lebaran online. (Foto: tangkapan layar aplikasi Canva/Regina Mone)

Untuk menggunakannya, kamu bisa menuliskan kata kunci “Lebaran” atau “Idulfitri” pada kolom pencarian, kemudian Canva akan memberikan rekomendasi ratusan desain kartu ucapan lebaran yang bisa digunakan secara gratis.

Agar lebih unik, pelaku UMKM dapat mengganti jenis huruf, background, atau stiker sesuai keinginan.

Greetings Island
Greetings Island adalah aplikasi membuat desain kartu Lebaran online yang bisa digunakan dengan mudah saat ngabuburit. Menariknya, aplikasi Greetings Island menyediakan ribuan template unik buatan profesional yang bisa digunakan secara gratis.

Penggunaannya juga sangat praktis, pelaku UMKM hanya perlu menuliskan keyword “Ramadan” untuk mendapatkan template kartu ucapan Lebaran yang menarik.

Setelah itu, kamu bisa menambahkan foto, mengubah warna, atau memilih font sesuai keinginan. 

Punchbowl
Punchbowl, aplikasi desain kartu lebaran online ini tidak kalah menarik dan bisa diunduh dalam versi mobile secara gratis di Android maupun iOs. Aplikasi ini menyediakan banyak pilihan kartu ucapan yang bisa digunakan sesuai kebutuhan pelaku UMKM. 

Sedikit berbeda dengan sebelumnya, aplikasi Punchbowl memberi kesempatan penggunaannya untuk lebih bebas berkreasi. Tak hanya bisa mengedit gambar dan tulisan, pelaku UMKM juga berkesempatan untuk menambahkan potongan video agar kartu ucapan lebaran terlihat lebih dinamis dan interaktif. 

PicsArt
Selain dikenal sebagai aplikasi edit foto, PicsArt juga bisa menjadi salah satu aplikasi membuat desain kartu Lebaran online yang cocok untuk pemula. PicsArt menyediakan ratusan template kartu ucapan lebaran yang bisa digunakan secara gratis dan praktis. 

Menariknya lagi, PicsArt dibekali dengan berbagai macam fitur dan efek kekinian yang bikin desain kartu ucapan lebaran terlihat lebih “hidup”. Pelaku UMKM juga bisa menambahkan banyak foto, frame, hingga teks sesuai keinginan.

Studio Polotno
Studio Polotno juga bisa dijadikan pilihan sebagai penyedia template kartu ucapan lebaran online yang bisa digunakan secara gratis. Namun, sampai saat ini Studio Polotno belum memiliki versi aplikasi pada smartphone. Sehingga, hanya bisa digunakan di komputer, laptop, atau dengan membukanya di browser ponsel. 

Meski gratis, Studio Polotno memiliki berbagai macam tools penting yang dapat membantu pelaku UMKM dalam membuat kartu ucapan lebaran. Mulai dari kumpulan quotes, elemen, foto, stiker, hingga berbagai macam template kekinian yang pastinya sangat menarik. 

Meski semua aplikasi tersebut menyediakan banyak template khas Lebaran yang bisa digunakan secara gratis, pelaku UMKM tetap perlu menyesuaikan dan memerhatikan beberapa hal agar desain kartu ucapan sesuai dengan produk dan identitas dari jenamanya.

Nah, itulah beberapa referensi aplikasi membuat desain kartu Lebaran online sekaligus tips menggunakannya. Yuk, langsung dicoba!