Dr Tirta Berikan Bantuan APD Guna Perangi Covid-19. (Foto: Ayo Bandung)

Jakarta, MNEWS.co.id – Dokter Tirta kembali mengambil gebrakan di tengah pandemi COVID-19 yang sedang terjadi di Indonesia saat ini. Seperti yang diketahui bahwa Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis begitu minim.

Khususnya bagi rumah sakit yang menangani pasien terkait virus corona, yang hingga kini masih kekurangan stok APD. Menanggapi hal tersebut dr. Tirta, menciptakan APD hasil karya produk lokal.

Melalui unggahan di Instagram pribadinya @dr.tirta, ia membagikan potret APD karya dalam negeri yang sudah lulus uji sampel dan siap edar. Dalam unggahannya, Tirta menuliskan bahwa APD buatan lokal ini dihasilkan oleh UKM daerah yang fokus membantu tenaga medis di wilayah masing-masing.

This is real #localpride ! Ukm masing2 daerah fokus membantu daerahnya. Setelah kelar, baru membantu daerah lain,” ujar dr. Tirta pada unggahannya, Selasa, 14 April 2020.

Ia juga mengungkapkan pada potret yang dibagikannya, APD yang digunakan semuanya adalah buatan lokal dari baju hazmat hingga face shield. 

Tirta juga menuliskan bahwa tak lama lagi, ia juga akan terjun dan mendorong kelangkaan APD agar tidak terjadi kembali. Menutup unggahannya tersebut, Tirta mengatakan bahwa COVID-19 adalah musibah yang mengajarkan banyak hal positif dalam mengarunginya.

Tidak hanya itu, Tirta juga  membagikan sebuah video dimana ia sedan bersama dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Unggahan yang dibagikan pada 13 April 2020 kemarin ini, mengungkapkan kerjasama yang akan dilakukan oleh pemerintah dan UKM daerah untuk mendorong terpenuhinya APD bagi tenaga medis.

Tampak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berada di samping Tirta memegang baju Hazmat buatan lokal. Bukan hanya baju Hazmat yang bisa dipakai berkali-kali saja, Tirta juga mengatakan bahwa masker kain pun telah di produksi.

“Kita di sini perwakilan UMKM dan relawan, ingin bertemu dulu ke pemprov Jabar, karena kami UMKM Alhamdulillah bisa menciptakan roda ekonomi UMKM berupa baju Hazmat yang bisa dipakai berkali-kali,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Tirta memberikan jalan kepada Gubernur Jabar untuk mendapatkan APD bagi tenaga medis di Jawa Barat yang bekerja sama dengan UKM daerah.

Hal tersebut disambut baik oleh Ridwan Kamil, karena dapat memenuhi kekurangan APD yang selama ini masih menjadi permasalahan.

“Saya menyambut baik kehadiran dr. Tirta dan kawan-kawan, kita memang butuh APD banyak sekali dan kesulitannya itu membeli di mana dengan komitmen dari UKM, bahwa bisa memproduksi buatan lokal dengan Insyaallah jumlahnya banyak, maka pemerintah Jawa Barat bisa bekerja sama membeli barang buatan negeri,” kata Ridwan dalam video tersebut.

Ridwan juga mengatakan bahwa APD yang di produksi oleh UKM dalam negeri ini sudah lulus uji dan memenuhi standar kesehatan yang berlaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here