4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula dalam Merintis Bisnis Fashion
4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula dalam Merintis Bisnis Fashion (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Memulai usaha di sektor fashion bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Para pemula yang ingin merintis bisnis fashion harus bijak dalam mengambil setiap langkah agar usaha yang dibangun tidak membuat kerugian.

Didiet Maulana, fashion designer ternama Indonesia dan founder IKAT Indonesia, membagikan beberapa ilmu dalam menjalankan bisnis fashion. Salah satunya adalah mengenai kesalahan yang sering dilakukan pemula untuk membantu mereka yang ingin merintis usaha di bidang fashion.

Apa saja kesalahan tersebut? Simak selengkapnya berikut ini seperti yang telah kami rangkum dari kumparanWOMAN.

1. Tidak melakukan riset
Dalam memulai bisnis, menentukan target market adalah salah satu unsur paling penting. Menurut Didiet, seringnya para pemula ingin segera merealisasikan keinginannya untuk berbisnis saja tapi luput melakukan riset. Terutama riset mengenai target market. Alhasil di tengah jalan mereka kehilangan arah dan produk fashion yang dibuat tidak konsisten.

“Seringnya para pemula skip melakukan riset soal target market, padahal ini sangat penting. Jangan lupa riset tentang demand agar teman-teman tidak salah arah. Misalnya mau bikin baju target milenial, tapi harga tinggi sekali, jadi tidak masuk. Harus ada riset harga, target market,” ungkap Didiet.

2. Tidak melakukan perencanaan
Kesalahan kedua yang banyak dilakukan oleh pemula adalah perencanaan yang kurang matang. Menurutnya, banyak orang yang langsung lompat memikirkan marketing, kolaborasi, promosi, tapi tidak memikirkan perencanaan seperti bahan apa yang mau dipakai, di mana supplier untuk membeli kancing atau benang jahit, dan lain sebagainya.

“Tahap perencanaan ini penting karena di tahap ini kita akan memikirkan agar produknya sesuai dengan karakter yang kita punya,” jelasnya.

3. Tidak percaya diri
Hal berikutnya adalah terkait dengan rasa percaya diri yang dimiliki para pemula. Didiet mengamati bahwa banyak yang kurang percaya diri dengan produknya. Alhasil mereka terpaksa memasang harga rendah karena merasa produknya kurang bagus, padahal kenyataannya belum tentu seperti itu.

“Jadi pentingnya tahu perencanaan itu salah satunya adalah untuk bisa menentukan value dari produk yang dibuat. Kalau tidak tahu dan terlanjur pasang harga rendah, nanti kalau bisnis sudah jalan kita akan sangat kesulitan untuk menaikkan harga,” tuturnya.

4. Tidak memaksimalkan modal
Modal juga menjadi unsur penting dalam memulai bisnis. Tanpa adanya modal, kamu akan kesulitan untuk memberi bahan-bahan pembuatan produk fashion. Oleh karena itu, kalau sudah memiliki modal kita juga harus bisa menggunakannya dengan bijak. Jadi jangan tergoda dengan banyaknya modal yang dimiliki lalu menggunakannya tanpa memikirkan jangka panjang.

Didiet menyarankan untuk sebisa mungkin selalu meminimalisir pengeluaran.

“Usahakan setiap bulan biaya pengeluaran itu diperkecil. Perbanyak melakukan produksi dengan mengandalkan outsourcing supaya tiap bulannya kita tidak bingung bayar gaji pegawai,” tutup Didiet.