Image: Poster Pasar Kita Sahabat UMKM
Image: Poster Pasar Kita Sahabat UMKM

Ekonomi kreatif pada 2015 telah berhasil menyumbang sekitar 852 triliun Rupiah atau sebesar 7,83% terhadap total PDB Indonesia. Melalui pengembangan pelaku UMKM di sektor ekonomi kreatif secara terarah dan terencana, UMKM diyakini mampu menjadi poros ekonomi terbaru Republik Indonesia di masa mendatang.

Menurut hasil riset gabungan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan BEKRAF, pada 2015 sektor Ekraf berhasil menyerap 15,9% tenaga kerja dan menyumbangkan nilai ekspor sebesar 19,4 miliar dolar AS. 

Sahabat UMKM hadir sebagai komunitas yang memiliki visi untuk mewujudkan UMKM Indonesia yang profesional dan berdaya saing di pasar lokal maupun internasional, sebagai pilar ekonomi bangsa Indonesia.  Salah satu kegiatan nyata yang dilakukan oleh Sahabat UMKM untuk mewujudkan visi tersebut adalah dengan membantu memberikan akses pemasaran bagi pelaku UMKM yang telah bergabung dalam komunitas tersebut.

Saat ini, rata-rata pelaku UMKM di sektor ekonomi kreatif tersebut menggunakan media sosial dan pameran sebagai media promosi produk mereka. Berangkat dari hal tersebut, Sahabat UMKM mengadakan sebuah acara bernama Pasar Kita yang akan diadakan pada 10-11 Maret 2018 di Lippo Mall Puri.

Event Pasar Kita merupakan perpaduan bazar produk-produk UMKM berkualitas  dengan penampilan kegiatan pertunjukan seni dan budaya  Indonesia serta workshop-workshop bertemakan kewirausahaan dan peningkatan kompetensi pelaku UMKM.

Event Pasar Kita  juga bertujuan untuk menghadirkan produk-produk UMKM berkualitas kepada masyarakat sebagai wujud gerakan cinta produk dalam negeri. Produk yang hadir telah melalui serangkaian proses kurasi yang menekankan pada: kualitas produk, unsur kreatif pada produk, serta konsep packaging yang ideal dan  menarik.

“Pasar Kita“ diharapkan mampu menjadi wadah berinteraksi serta sinergi pelaku UMKM dengan masyarakat dalam wujud saling mendukung untuk melahirkan produk-produk UMKM unggulan yang dapat memberikan kontribusi pada perkembangan perekonomian bangsa melalui sektor ekonomi kreatif.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here