Ilustrasi olahraga. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menjalankan ibadah puasa Ramadan tentu harus dengan tidak makan dan minum selama belasan jam. Kegiatan tidak makan dan minum selama belasan jam tersebut seharusnya tidak menjadi alasan untuk malas bergerak, termasuk berolahraga.

Donny Kurniawan, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga menjelaskan cara dan waktu yang tepat pelaksanaan olahraga sembari menjalani ibadah puasa. Ia menjabarkan ada tiga waktu terbaik untuk melakukan aktivitas olahraga dalam situasi seperti saat ini.

Waktu pertama bisa dilakukan ketika 60-90 menit sebelum menjalankan aktivitas buka puasa. Pada waktu tersebut, intensitas olahraga yang dilakukan tidak terlalu tinggi karena energi sudah terkuras banyak ketika menjalani ibadah puasa.

Donny mengatakan, pelaksanaan olahraga sebelum buka puasa dilakukan dengan intensitas sedang dan dilakukan tidak berlebihan.

“Perlu diingat kalau sebelum olahraga adalah intensitas olahraganya mengingat kita dalam kondisi puasa otomatis tubuh kita kekurangan energi. Yang penting jangan berlebihan,” katanya.

Waktu kedua yang disarankan bergerak menjalani aktivitas olahraga dilakukan setelah menjalani buka puasa. Intensitas olahraga yang dilakukan bisa meningkat dibanding melakukan olahraga pada sebelum buka puasa.

Sebab, tubuh manusia sudah mendapatkan asupan makanan dan minuman ketika buka puasa. Dengan catatan, asupakan makanan yang disantap ketika buka puasa tidak berlebihan.

“Makan takjil sedikit yang paling penting kita ingat adalah hidrasi yang bagus, cukup minum kalau bisa minuman yang mengandung elektrolit. Di sini olahraganya bisa diangkat sedikit intensitasnya namun tidak boleh juga berlebihan,” kata Donny.

Dan terakhir adalah waktu yang disarankan melakukan olahraga pada bulan Ramadan yakni sebelum sahur. Namun, jika melakukan olahraga pada waktu tersebut dapat merubah dan menggangu pola tidur dalam sehari-hari.

“Namun benefitnya setelah olahraga kamu bisa makan setelah itu dan tidak terganggu puasanya. Keuntungan lainnya bisa memberikan energi seharian penuh,” ungkapnya.