Jakarta, MNEWS.co.id – Berawal dari jualan katering tumpeng, Rahma Putri Permadi berhasil mengembangkan bisnis dengan membuka usaha kuliner ‘Dapur Mamima’. Dalam menjalankan bisnisnya, Rahma melibatkan ibu-ibu rumah tangga (IRT) di sekitar rumahnya yang berada di daerah Jatibening, Pondokgede, Bekasi.
Rahma mengatakan, sejak awal para ibu rumah tangga ini sudah memiliki potensi dalam bidang kuliner namun tidak mempunyai wadah untuk mengembangkannya. Melalui usaha Dapur Mamima miliknya, Rahma bertekad untuk bisa naik kelas bersama-sama dan membantu mereka yang membutuhkan penghasilan tambahan. Rahma membuka kesempatan kepada para IRT ini untuk memasarkan produk Dapur Mamima melalui sistem made by order secara online untuk menerima pesanan.
Tidak hanya untuk membantu para ibu rumah tangga, untuk menyalurkan hobinya dalam memasak juga menjadi alasan Rahma dalam merintis usaha katering. Awalnya Rahma memberikan sampel produk ke keluarga dan teman untuk mencicipi cita rasa masakannya dan mereka pun memberikan respon positif.
Usaha yang dibangun sejak 2017 ini sudah memiliki pelanggan setia yang setiap tahunnya selalu memesan berbagai menu untuk kebutuhan acara. Sehingga banyak juga konsumen baru yang memesan berdasarkan rekomendasi dari pelanggan setianya.
Dengan menggunakan tagline ‘Enaknya Halal & Setia’, Dapur Mamima memiliki prinsip untuk selalu menjaga kualitas rasa, kebersihan, hingga keamanan produk.
Rahma sudah memiliki langganan tetap untuk pasokan bahan baku produksi yang sudah teruji keamanan dan kualitasnya dari pihak supplier guna menghadirkan makanan halal dan sehat.
Dapur Mamima menyajikan aneka katering seperti tumpeng mini, tumpeng tampah, nasi kotak, kering kentang, bawang goreng, salad buah, dan aneka makanan lainnya. Harga yang ditawarkan pun terjangkau, berkisar Rp25.000,- hingga Rp35.000,- per porsi tumpeng.
Memasuki awal masa pandemik, usaha miliknya cukup terkena dampak karena kegiata acara-acara besar ditiadakan. Ia pun langsung mengubah strategi penjualan dengan menyediakan stok lauk matang untuk memudahkan pelanggannya saat di rumah saja dalam jangka waktu yang tidak menentu.
Tidak hanya itu, Ia juga beralih memasarkan produknya secara online dengan memanfaatkan platform digital seperti Instagram, Facebook, Google Bisnis, hingga marketplace.
Ke depannya, Rahma memiliki keinginan untuk memperluas usaha Dapur Mamima agar semakin banyak konsumen yang merasakan manfaat melalui masakannya.
“Karena semakin banyak kebahagiaan yang kami rasakan, maka akan semakin banyak juga keberkahan yang Tuhan titipkan,” ungkapnya.