Jakarta, MNEWS.co.id – Geliat brand kecantikan dan perawatan tubuh lokal kian menancapkan tajinya di hati masyarakat. Kualitas produk kecantikan yang dihasilkan brand lokal saat ini pun tidak kalah dengan produk impor buatan merek asing.
Geliat ini pun tidak luput dari perhatian Tokopedia dengan konsistensinya untuk mendukung para pegiat usaha lokal dalam mengembangkan usahanya. Salah satunya melalui turunan inisiatif Hyperlocal dalam upaya memenuhi kebutuhan produk kecantikan perempuan Indonesia yang telah terkurasi lewat kampanye “Beauty Dealight”.
Tokopedia Beauty Dealight kembali hadir di tanggal 9-15 September 2022. Melalui kampanye ini, masyarakat dapat berbelanja produk skincare serta makeup dari deretan merek lokal terkurasi, sekaligus bisa mendapatkan cashback hingga 50% serta flash sale hingga 99%.
Selain memenuhi kebutuhan masyarakat, kampanye Beauty Dealight juga bertujuan mendorong pemulihan ekonomi Indonesia secara merata dengan memberikan panggung seluas-luasnya untuk pelaku UMKM.
“Melalui kampanye Beauty Dealight, masyarakat bisa dengan mudah mengakses lebih dari ratusan merek produk kecantikan berkualitas dari pegiat UMKM dengan harga terjangkau” ujar Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata.
Sherine menjelaskan jika Riasan Mata, Kosmetik & Perawatan Bibir, Masker Kecantikan, Riasan, dan Perawatan wajah menjadi kategori produk kecantikan paling laris pada bulan Agustus 2022 dibandingkan periode yang sama di tahun 2021.
Menurut temuan Tokopedia, jumlah transaksi kampanye Beauty Dealight meningkat lebih dari 3,5x lipat pada Maret 2022 dibandingkan periode yang sama di tahun 2021.
Sementara itu, pada periode semester 1 2022, Malang, Makassar, Semarang, Yogyakarta, dan Palembang menjadi kota di Indonesia dengan pertumbuhan transaksi kategori kecantikan paling tinggi.
Di sisi lain Wajak, Sinembah Tanjung Muda Hulu, Saguling, Balongpanggang, dan Kutalimbaru ikut tercatat sebagai kecamatan di Indonesia dengan transaksi kategori kecantikan paling tinggi pada periode semester 1 2022.
Meningkatnya jumlah transaksi Tokopedia Beauty Dealight semakin didukung melalui salah satu inisiatif Hyperlocal yaitu Dilayani Tokopedia, gudang pintar Tokopedia yang membantu penjual menangani tantangan operasional bisnis seperti penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, serta penanganan jika ada kendala.
Inisiatif-inisiatif tersebut mendukung pelaku UMKM lokal termasuk pelaku usaha produk kecantikan dalam memaksimalkan penjualan di pasar nasional dan memudahkan masyarakat untuk lebih cepat dan efisien dalam berbelanja.
Tokopedia mencatat, cabang Dilayani Tokopedia dengan penjualan kategori produk kecantikan paling tinggi berada di Bandung Soetta, Surabaya Osowilangun, Makassar Parang Loe, Medan, dan Palembang Martadinata pada pertengahan tahun 2022 dibanding periode sama di 2021.
“Kami berharap kampanye Beauty Dealight ini dapat mendukung para pegiat usaha lokal untuk memperluas pasar. Inovasi Dilayani Tokopedia yang mampu mendekatkan penjual dengan pembeli juga diharapkan dapat mendorong lebih banyak masyarakat yang membeli produk kecantikan lokal dan semakin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,” tutup Sherine.