Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto: Istimewa/Medcomm)

Jakarta, MNEWS.co.id – Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin meluncurkan Global Halal Hub (GHH) untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat produsen produk halal dunia pada 2024. Program tersebut diyakini bisa membawa pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menembus pasar global.

“Hadirnya ekosistem Global Halal Hub ini menjadi awalan yang baik untuk menyinergikan berbagai pihak dan membawa semakin banyak produk halal maupun UMKM halal Indonesia ke pasar global,” ujar Ma’ruf dalam acara Pencanangan Global halal Hub, secara virtual, Kamis, (27/1/22).

Ma’ruf menjelaskan pengembangan GHH mengcakup beberapa aspek dalam menunjang produk UMKM halal. Seperti kualitas produk, kuantitas produk, kontinuitas produk, hingga pemasaran digital.

“Kita berharap produk-produk UMKM halal nasional akan semakin dikenal dan mudah diperoleh masyarakat internasional,” ungkap Ma’ruf.

Ia menyebut kontribusi ekspor UMKM masih terbilang rendah, yakni 16 persen. Padahal sebagai pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia, kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tercatat sekitar 60 persen atau senilai Rp9.580 triliun.

“Saya mengajak untuk memperkuat kolaborasi sinergi agar kontribusi ekspor UMKM yang saat ini masih sekitar 16 persen bisa meningkat signifikan pada tahun 2024,” pungkasnya.