Ilustrasi produk UMKM. (Foto: Kompas.com)

Jakarta, MNEWS.co.id – Platform teknologi semakin menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang bisnis bagi pelaku UMKM.

Dikutip dari Kontan, Tokopedia membagikan deretan temuan menarik terkait tren jual-beli daring (online) masyarakat sepanjang 2021.

Medan, Bandung dan Surabaya menjadi beberapa contoh kota dengan penjualan tertinggi sepanjang 2021. Hal ini didorong oleh kehadiran inisiatif Hyperlocal, seperti digitalisasi pasar, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan lainnya.

“Inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang terdiri dari berbagai turunan kampanye dan dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan setiap daerah ini ditujukan mendekatkan pembeli dengan penjual setempat agar belanja online bisa lebih efisien dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” ujar VP of Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak.

Verne Indonesia, UMKM kerajinan kulit dari Surabaya, yang menjadikan Tokopedia sebagai jalur utama untuk penjualan, mencatat peningkatan jumlah transaksi hampir 2x lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, kategori favorit masyarakat diraih oleh produk di kategori rumah tangga, fesyen serta olahraga dan hobi.

Berbagai kampanye yang dihadirkan Tokopedia telah mendorong melejitnya masing-masing kategori tersebut, seperti Home Living SALEbrations, Festival Fashion Lokal Jawa Barat atau Tokopedia Fashion Week, Sportacular, dan lain-lain.

Sementara produk yang paling diburu adalah masker, kaos dan sepatu sneakers menjadi produk paling populer selama 2021 di Tokopedia.

Menurut Nuraini, melejitnya penjualan sepatu sneakers didorong oleh berbagai inisiatif yang dilakukan Tokopedia bersama UMKM industri fesyen lokal, contohnya gerakan Bersebelas #MelangkahBareng.

Untuk makanan terlaris, Nuraini menambahkan bahwa ngopi dan ngemil di rumah menjadi aktivitas yang digemari masyarakat selama 2021. Hal ini terlihat dari kopi gayo dan pisang goreng yang menjadi makanan paling digemari di kampanye Tokopedia Nyam sepanjang tahun 2021.

Di sisi lain, walau pandemi masih berlangsung, semangat masyarakat dalam berbagi kebaikan masih sangat tinggi. Sepanjang 2021, masyarakat Indonesia telah mengumpulkan lebih dari Rp160 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban di Tokopedia.