Ilustrasi es krim sayur. (Foto: Ayo Bandung)

Jakarta, MNEWS.co.id – Tren kuliner beberapa tahun terakhir terus mengalami perkembangan pesat. Inovasi terus bermunculan menciptakan panganan terbaru, hampir semua jenis makanan bermunculan dengan tren yang sederhana sampai yang unik, dan salah satunya es krim.

Es krim banyak disukai anak-anak. Tapi, di sisi lain ada keprihatinan karena anak-anak jarang mengonsumsi sayuran. Dari sini, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mencoba menggabungkan es krim dan sayuran agar anak-anak menyukai.

Ada Marliyoda Aji Pangestu Prodi Teknologi Pendidikan, Muhammad Dimas Hendrawan Prodi Akuntansi dan Rosyid Fuadi Prodi Tata Boga. Marliyoda mengatakan, sayuran sangat kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak-anak.

Marliyoda mengatakan sayuran merupakan makanan yang sangat kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. “Es krim sayur merupakan jenis makanan yang sangat cocok untuk anak-anak yang memiliki latar belakang tidak suka memakan sayuran,” katanya dikutip dari Republika.

Es krim ini merupakan salah satu inovasi baru yang bagus untuk diimplementasikan buat anak-anak. Alasannya, selain harganya murah bahan-bahan juga gampang ditemukan. Dengan cara membuatnya sangat sederhana dan mudah untuk ditambah variasi seperti menambahkan topping berupa oreo, jelly, buah, keju, dan saus cokelat sehingga dapat menambah selera makan anak.

Sementara itu, Muhammad Dimas Hendrawan mengatakan, es krim sayur kaya kalsium, nutrisi sayuran, vitamin dan gizi. Diharapkan es krim ini dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan yang didapat dari sayur yang sudah diolah. Sayurnya dapat diisi oleh berbagai jenis seperti sawi, bayam, bayam ungu, tomat, lobak, dan lain-lain yang memiliki nutrisi dan manfaatnya masing-masing.

Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah susu lowfat, susu sachet, gula pasir, garam, topping dan sayuran. “Alat yang dipakai yaitu freezer, blender, sendok dan tempat adonan,” ujar Rosyid Fuadi.

Cara membuatnya persiapkan semua alat dan bahan, lalu cuci sayuran yang akan dijadikan bahan es krim. Kemudian blender 100 ml susu lowfat, 1/4 sdm gula pasir, 1 sachet susu kental manis, beberapa helai sayuran dan sedikit garam. Tuang dalam tempat adonan dan masukan freezer, tunggu sampe keras.

Setelah keras tusuk-tusuk memakai garpu atau sendok sampai agak hancur, kemudian blender lagi sampai halus dengan kecepatan tinggi. Setelah selesai diblender, kemudian masukan ke dalam freezer, dan es krim sayuran siap dikonsumsi.