Ilustrasi. (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta, MNEWS.co.id – PT Ajinomoto Indonesia mendukung calon pengusaha kuliner Indonesia dalam menciptakan aneka kreasi produk sehat namun tetap bisa menguntungkan dengan memberikan fakta informatif dan manfaat bumbu umami seperti Monosodium Glutamat (MSG).

Pakar gizi sekaligus Kepala Program Studi Gizi Universitas Sahid Jakarta, Khoirul Anwar SGz MSi mengatakan, pencegahan terhadap penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, dan hipertensi, penting untuk memperhatikan anjuran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang pembatasan asupan gula, garam, dan lemak (GGL).

“Sebenarnya, jika kita ingin makanan yang kita konsumsi memiliki cita rasa yang tinggi sekaligus ingin diet rendah garam, menggunakan bumbu umami seperti MSG adalah solusinya,” ujar Khoirul.

Khoirul menjelaskan, banyak penelitian di luar negeri seperti di Jepang menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam.

“Jadi, bagi pengusaha di bidang kuliner, sebaiknya memang mengikuti juga anjuran pembatasan penggunaan gula, garam, lemak pada produk-produk dan kreasi menu makanannya. Kita bisa mengacu pada pedoman gizi seimbang dan menerapkannya,” tambahnya.

Horeka Dept PT Ajinomoto Indonesia juga membagikan tips-tips dalam mengkreasikan menu makanan yang tetap menerapkan pedoman gizi seimbang dan juga sangat profitable.

Adapun tips dan materi tersebut disajikan dengan mengulik 2 menu yaitu Beef Blackpepper Dosirak dan Oishi Niku Curry Udon. Kedua menu tersebut dipilih sesuai dengan maraknya Asian Cuisine di Indonesia saat ini dan bisa disajikan dalam bentuk dine-in ataupun delivery service.

“Dalam mengulik menu Beef Blackpepper Dosirak dan Oishi Niku Curry Udon, kami turut menyertakan sumber protein dari lauk hewani dan nabati. Sumber vitamin dan mineral juga tersedia dari sayur mayur dan buah-buahan,” ungkap Chef Wisnu dari Horeka Dept PT Ajinomoto Indonesia.

Chef Wisnu menambahkan, kedua menu ini dipastikan akan sangat profitable karena menggunakan bumbu Ajinomoto Plus yang dapat menambahkan level gurih pada masakan dan tentu lebih kuat dari MSG biasa.