Jakarta, MNEWS.co.id – “Kalau bisa sukses di usia muda, kenapa mesti nunggu tua?” nampaknya menjadi kalimat kutipan yang tepat untuk menggambarkan cerita Syifa Nabilah, seorang pelaku usaha muda yang mengawali perjalanan bisnisnya di tahun 2019 dengan menjadi reseller hijab. Ketika itu, Syifa yang masih duduk di bangku perkuliahan hanya memiliki satu tujuan saat memulai usaha, yakni ingin mencari uang jajan tambahan.
Syifa mengaku saat menjadi reseller salah satu online shop, dirinya masih belum mengerti bahan-bahan yang bagus untuk hijab. Tidak jarang, Ia terkadang merasa kecewa dengan pihak supplier karena bahan aslinya seringkali tidak sesuai dengan barang yang ditawarkan.
Seiring berjalannya waktu, Syifa menyadari besarnya peluang usaha dari banyaknya perempuan muslim di Indonesia yang memakai hijab. Akhirnya, Ia mulai mempelajari bahan serta model-model hijab yang disukai oleh pelanggannya. Dengan modal seadanya, di tahun 2021 Ia memutuskan untuk memproduksi hijab dengan merek dagangnya sendiri yaitu Syifahijab.s.
Dalam proses produksinya, Syifa memberdayakan tetangganya yang berprofesi sebagai penjahit rumahan. Dengan slogan #simplewearpremium, produk Syifahijab.s terus meningkatkan kualitas dan tampilannya menjadi lebih baik.
Salah satu keunggulan produk Syifahijab.s terletak pada kualitas bahan dan tampilan premium, namun dengan harga produk yang terjangkau mulai dari Rp15.000,- hingga Rp135.000,-. Tidak hanya itu, Syifahijab.s juga memakai kemasan yang dapat digunakan kembali (reusable) sesuai dengan komitmennya dalam mengurangi sampah plastik.
Pembuatan produk Syifahijab.s berlokasi di Kp. Rawa Cakung, Jatinegara, Jakarta Timur dan bekerja sama dengan penjahit rumahan. Dalam sehari, Syifahijab.s dapat menghasilkan hijab dengan kapasitas produksi sebanyak 15 pcs.
Syifa menjelaskan, setelah selesai diproduksi, pihaknya akan melakukan quality control mulai dari melihat warna hijab agar tidak terkena noda atau kotoran hingga melakukan pengecekan kualitas bahan. Syifahijab.s memiliki standar kualitas tersendiri dalam memproduksi produknya demi menjaga kepuasan pelanggan.
Untuk strategi promosi penjualan, Syifa fokus memasarkan produk hijabnya secara online melalui Instagram, WhatsApp, Facebook, dan marketplace. Ia juga menggunakan jasa endorse selebgram untuk meningkatkan awareness dan memperluas jangkauan pasar usahanya.
Ke depannya, Syifa memiliki keinginan untuk menyebarkan manfaat dari usahanya dengan membuka offline store sehingga dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Ia juga berharap agar produk Syifahijab.s bisa menjadi solusi untuk melengkapi penampilan wanita-wanita muslimah dengan hijab berkualitas serta modis dan harga yang terjangkau.