Suasana Pameran Kerajinan Internasional di Milan Italia pada 30 November - 8 Desember 2019. (Foto: Tribunnews)
Suasana Pameran Kerajinan Internasional di Milan Italia pada 30 November - 8 Desember 2019. (Foto: Tribunnews)

Jakarta, MNEWS.co.id – Telkom Indonesia semakin menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan UKM Indonesia. Komitmen tersebut salah satunya dibuktikan Telkom dengan mempromosikan UKM binaanya pada ajang Pameran Kerajinan Internasional di Milan Italia pada 30 November hingga 8 Desember 2019.

Pameran bertemakan L Artigiano in Fiera 2019 yang menghadirkan mitra binaan Telkom merupakan salah satu Pameran Kerajinan terbesar di dunia. Pameran tersebut berlangsung selama 9 hari dan diikuti lebih dari 100 negara.

Romles Simanjuntak, selaku Senior Manager Kemitraan PT Telkom mengatakan, UKM yang diajak ke Milan merupakan UKM binaan Telkom yang telah melewati proses pemilihan dan kurasi dalam ajang Telkom Craft Indonesia (TCI).

Kegiatan TCI yang diadakan Telkom setiap tahun menseleksi seluruh mitra binaan Telkom di nusantara. Para UKM unggulan selanjutnya akan diikutsertakan dalam Pameran dari tingkat nasional hingga internasional. UKM yang ikut dalam ajang Pameran dunia ini adalah produk Kain Khas Tana Toraja dengan merk Suke Clothing. Suke Clothing menjadi peraih Juara I pada ajang TCI.

“Sesuai misi kami mendorong UKM unggulan daerah menjadi juara di tingkat global. From local heroes to global champion,” ujarnya bersemangat.

Romles berharap dengan terlibatnya pelaku UKM unggulan Telkom pada ajang internasional ini dapat memotivasi pelaku UKM agar secara berkelanjutan meningkatkan kualitas. Sehingga UKM lokal memiliki daya saing tidak hanya di tingkat nasional, akan tetapi di kancah global.

“Suke Clothing ini diharapkan menjadi inspirator bagi UKM-UKM lain di daerah agar berani bermimpi di kancah dunia,” kata Romles.

Yuris, pemilik Suke Clothing merasa bersyukur dan bangga karena dapat menjadi bagian dalam pameran berskala dunia yang diikuti lebih dari 3000 peserta pameran mancanegara. Produknya yang merupakan kain kebanggaan Tana Toraja bisa berdampingan dengan ribuan produk dari berbagai benua di Amerika, Asia, Afrika dan Australia.