Pengunjung memilih produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang dijual di M Bloc Market, Jakarta, Rabu (10/3/21). (Foto: Muhammad Adimaja)

MNEWS.co.id – Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis serta memberikan kontribusi signifikan dalam menggerakkan roda perekonomian Jakarta.

UMKM memiliki potensi yang sangat besar dalam menciptakan lapangan kerja, mengurangi tingkat pengangguran, serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

Berbagai inovasi dan kreativitas yang dilakukan oleh para pelaku UMKM Jakarta terbukti mampu menghadapi berbagai tantangan dan bersaing di era digitalisasi dan persaingan global.

Saat menghadiri acara Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja) Creative UMKM Expo di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7/2023), Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Teguh Priyanto, menyampaikan pentingnya peran UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Ibukota.

“Kita menyadari bahwa sektor UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional, termasuk penggerak ekonomi Kota Jakarta,” kata Heru.

Heru mengapresiasi Persaja serta Kementerian Koperasi dan UKM yang menginisiasi acara Persaja Creative UMKM Expo yang dirancang sebagai upaya mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), sekaligus memberikan wadah dan kesempatan kepada para pelaku UMKM mempromosikan produknya.

Heru berharap, UMKM Expo itu dapat menjadi wadah kurasi produk unggulan UMKM yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan keberlanjutan sektor UMKM.

“Sinergi yang terjalin antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Pusat dan Persaja diharapkan semakin kuat dalam mengoptimalkan peran UMKM sebagi penggerak ekonomi kerakyatan,” ujar Heru.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta sekaligus Ketua Panitia Reda Manthovani mengatakan, kegiatan UMKM Expo merupakan bagian rangkaian dari HUT ke-72 Perjasa dan menyambut Hari Bakti Adhyaksa pada 22 Juli mendatang.

“Kegiatan Persaja UMKM Expo bertujuan mendukung para pelaku UMKM dalam mempromosikan produk unggulannya. Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka mendukung upaya pemerintah melaksanakan program percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ucap Reda.