Kantor Facebook Indonesia. (Foto: ID techinasia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Facebook baru saja meluncurkan kampanye #INDONESIAKU, sebuah kampanye publik yang akan mengangkat berbagai kisah dan inspirasi dari komunitas dan pelaku usaha di Indonesia.

Kampanye melalui platform Facebook itu akan berlangsung selama setahun penuh, dengan tujuan membangun semangat kebersamaan, berbagi motivasi, serta menyebarkan dampak positif.

Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian, mengatakan setiap harinya semakin banyak orang-orang Indonesia yang menggunakan Facebook dan keluarga besar aplikasinya, seperti instagram, untuk terhubung dengan hal-hal yang penting dan bermakna.

“Melalui kampanye #INDONESIAKU, kami ingin merayakan kebersamaan yang terjalin antara orang-orang, komunitas, dan pelaku usaha serta inspirasi dari kebersamaan tersebut yang mereka bagikan di Facebook dan di keluarga besar aplikasi kami,” ujar Pieter dikutip dari Berita Satu.

Sejumlah program dalam kampanye #Indonesiaku telah disiapkan dengan mengusung berbagai momentum tematik nasional maupun internasional dalam variasi bentuk seperti, video berseri “Kenalan Dengan” yang akan mengangkat kisah figur inspiratif.

Selanjutnya ada komik berseri, kolaborasi dengan Fakultas DKV Bina Nusantara, yang akan bercerita tentang milestone atau momen dalam hidup yang menjadi penggerak perubahan pada sebuah usaha atau komunitas, rangkaian acara live yang akan membahas tentang topik-topik terkait dengan momentum di bulan tersebut, dan Aktivitas #Challenge dan kuis yang menarik di atas platform Facebook dan Instagram

Contohnya pada bulan Maret dan April mendatang, sejalan dengan adanya momentum Hari Perempuan Internasional dan Hari Kartini, program-program yang dijalankan akan berfokus pada tema perempuan. Salah satu program utamanya adalah Sepekan Perempuan #Indonesiaku.

“Kampanye #Indonesiaku akan berlangsung sepanjang tahun ini dan seluruh kisah serta inspirasi dari komunitas dan pelaku usaha selama kampanye ini akan diabadikan dalam bentuk buku yang akan diluncurkan pada bulan Desember yang akan datang,” ungkap Pieter.

Dalam membahas topik perempuan, kampanye #INDONESIAKU besutan Facebook ini difokuskan pada beberapa topik. Mulai dari konteks bisnis, komunitas, dan teknologi yang menjadi salah satu bidang yang belum banyak digeluti oleh perempuan. Pieter berharap melalui kegiatan ini, makin banyak perempuan yang terinspirasi dan menyadari bahwa banyak sekali potensi karya yang bisa dikerjakan di bidang yang tidak didominasi oleh perempuan.