Variasi produk gula aren UMKM Agri Bumi. (Foto: Agri Bumi)

MNEWS.co.id – Menurut data riset yang dikeluarkan oleh insight.toffin.id yang mencakup kedai-kedai modern (kedai di kota besar, tidak termasuk kedai kopitiam), jumlah kedai kopi di Indonesia pada Agustus 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan pada 2016 yang hanya sekitar 1.000.

Di sisi lain, pertumbuhan jumlah kedai kopi yang meningkat juga dapat berkontribusi pada peningkatan permintaan gula aren sebagai salah satu bahan baku dalam pembuatan minuman kopi.

Menangkap peluang tersebut, Agri Bumi, sebuah UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang menjual gula aren, gencar memasarkan produknya ke berbagai kedai kopi yang tersebar di Jabodetabek.

Hingga Mei 2023, Agri Bumi telah menjadi supplier gula aren di beberapa kedai kopi seperti The Gade Coffee and Gold, Tuan Tanah Coffee, My Coffee Tebet, dan Terasa Kopi – dengan total kedai kopi yang dilayani sebanyak 43 toko. 

Rizky, pemilik UMKM Agri Bumi, mengawali usahanya yang berdiri pada tahun 2021 dengan mengirimkan sampel dan proposal gula aren secara door to door kepada beberapa kedai kopi di Jabodetabek dengan tujuan untuk menjadi supplier gula aren. Berkat kegigihannya, kini produk gula arennya telah lebih dikenal dan dipercaya oleh sejumlah kedai kopi.

Agri Bumi memasarkan tiga jenis gula aren yang telah bersertifikat halal, yaitu gula aren cair, batang, dan semut. Seluruh produk Agri Bumi diperoleh dari para petani gula aren di daerah Cianjur.

“Kami mengemas hasil gula aren dari para petani menjadi apik dan siap jual kepada para pebisnis kedai kopi, maupun langsung ke konsumen melalui e-commerce,” ujar Rizky, owner dari Agri Bumi.

Dalam menjalankan bisnisnya, Agri Bumi mengutamakan kecepatan distribusi sehingga produk dapat diterima tanpa memakan waktu yang lama. Menurut Rizky, selain kebersihan, pengiriman produk dengan cepat dan efisien sangat penting dalam dunia bisnis.

Agri Bumi memiliki jaringan logistik yang dapat diandalkan guna memastikan pengiriman tepat waktu dan efisien. Untuk meningkatkan service terhadap pemilik kedai kopi, Agri Bumi juga menyediakan opsi pengiriman ekspres atau pengiriman dalam satu hari.

Produk Agri Bumi mengutamakan kualitas serta kemurnian bahan baku gula aren namun dengan harga yang terjangkau. Di samping itu, Agri Bumi tetap mempertimbangkan keamanan dan keandalan pengiriman produk sehingga konsumen dapat tetap menerima produk dengan sempurna.

Produk gula aren Agri Bumi dibanderol dengan harga yang cukup bervariatif. Gula aren batangan 1 kilogram dijual dengan harga berkisar Rp24.000,-. Sementara gula aren cair 1 liter Rp37.500,- dan gula aren cair 5 kg Rp180.000,-. Sedangkan gula aren semut 500 gram dijual dengan harga Rp18.000,- dan gula aren semut 1 kg seharga Rp35.000,-.

Rizky berharap agar Agri Bumi dapat berkembang dan berekspansi ke beberapa perusahaan lainnya.

“Kalau untuk ke depannya sih saya mau untuk Agri Bumi ini bisa masuk ke pabrik kopi besar yang telah memproduksi kopi dalam kemasan sachet, contohnya mungkin Torabika, Luwak, dan Kapal Api,” ungkap Rizky dalam keterangan tertulisnya yang diterima oleh redaksi MNEWS.co.id.

Rizky juga berharap agar petani gula aren dapat berkembang karena mereka merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberlangsungan ekonomi di Indonesia.