Ilustrasi Minuman Jamu Tradisonal. (Foto: Pexels/Pixabay)
Ilustrasi Minuman Jamu Tradisonal. (Foto: Pexels/Pixabay)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan konsumsi jamu atau ramuan tradisional selain mampu menjaga stamina tubuh juga akan berdampak pada pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

“Di tengah berjangkitnya wabah virus corona yang terjadi saat ini, tubuh kita juga butuh stamina yang bugar, minum ramuan tradisional bisa menjadi alternatif, selain tetap mengutamakan pola hidup bersih dan sehat sesuai anjuran yang berlaku,” kata Bambang Haryo Suseno, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat.

Menurutnya, daerah itu memiliki banyak potensi alam berupa tumbuh-tumbuhan yang sejak dahulu sudah ada dan dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit maupun menjaga stamina tetap bugar. Beberapa macam rempah-rempah sudah sejak lama dimanfaatkan warga untuk dikonsumsi sehari-hari, seperti temulawak, jahe merah, lada putih, serai, pandan, sirih dan lainnya.

Bambang menambahkan bahwa dilihat dari jejak keluhuran budaya Nusantara, bangsa Indonesia memiliki tradisi turun menurun terkait dengan menjaga stamina kebugaran tubuh sebagai bagian dari cara meningkatkan imunitas jasmani.

Banyak minuman tradisional berkhasiat berbahan baku temulawak, jahe, serai, kencur, dan jenis rempah-rempah lain yang memiliki khasiat tinggi bahkan saat ini sudah banyak diadopsi menjadi obat dan ramuan penjaga stamina di negara lain.

“Masyarakat bisa kembali menggali informasi itu dan mulai membudayakan kembali warisan budaya yang sudah ada sejak lama di daerah negeri ini,” katanya.