Jakarta, MNEWS.co.id – Pengamat Ekonomi Universitas Pasundan (Unpas) Acuviarta Kartabi memaparkan tren berbisnis di kalangan generasi milenial tahun 2021 akan terus tumbuh dan berkembang dari berbagai sektor. Apalagi, generasi yang lahir di awal tahun 90-an memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi pada perkembangan teknologi.
Ada beberapa tren bisnis yang berpeluang dan menarik banyak minat golongan milenial mulai dari sektor industri kreatif hingga industri pertanian. Menurutnya, adaptasi dan inovasi dengan pemasaran digital sangat penting dan menjadi prasayarat milenial untuk bergabung di dunia bisnis.
“Saya (kira) bisnis-bisnis yang menarik banyak minat yang berkaitan dengan pasar komunitas generasi milenial, seperti fashion, kuliner, pemasaran digital, wisata virtual, game online dan beragam produk creative digital content lainnya,” katanya dikutip dari Detik.com.
Ia memprediksi di tahun ini, akan banyak kalangan milenial yang masuk ke sektor pertanian yang disebut-sebut menjadi petani milenial. Kelebihannya yakni mereka bisa memasarkan produk-produk pertanian secara online.
“Mereka bisa pasarkan produk secara online dengan mengembangkan metode pengemasan dan variasi produk yang lebih beragam. Kebutuhan masyarakat rumah tangga saat ini sebagian besar untuk kebutuhan pokok yaitu komoditas bahan makanan dan minuman. Jadi, saya melihat banyak pelaku milenial masuk ke proses bisnis di sektor itu,” ungkap Kartabi.
Hadirnya tren kegiatan pertemuan secara virtual membuka pintu besar bagi milenial untuk menjadi sosok di balik suatu kegiatan virtual atau yang biasa disebut event organizer.
“Saat ini banyak pertemuan dan acara-acara dilakukan secara virtual, saya melihat belakangan generasi milenial juga mulai masuk ke bisnis penyediaan paket-paket acara virtual. Mulai dari menyediakan fasilitas acara daring hingga kontennya untuk kebutuhan acara rapat maupun event virtual,” tambahnya.
Pertumbuhan bisnis bagi kalangan milenial menurutnya telah terbuka lebar. Apalagi seiring dengan hadirnya vaksin dan pencanangan pemulihan ekonomi nasional yang diprediksi akan mengalami kemajuan di 2021.
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan oleh generasi milenial saat menggunakan teknologi sebagai acuan bisnisnya yaitu perlu mempersiapkan perlindungan konsumen, pengembangan teknologi harus bijak, dan membangun literasi adaptasi teknologi dan pengembangan produk yang sesuai dengan kultur konsumen di Indonesia.