Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Detik.com)

Jakarta, MNEWS.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta dukungan dari semua masyarakat, khususnya para pelaku usaha dalam penanganan pandemi Covid-19 yang berdampak buruk terhadap kondisi ekonomi. Ariza meyakini, jika penyebaran virus corona dapat dikendalikan, maka kondisi perekonomian bisa segera kembali bangkit.

“Kami butuh dukungan dari pelaku usaha untuk disiplin (protokol kesehatan) kalau ingin ekonominya dan usahanya maju,” kata Ariza dilansir dari CNN Indonesia.

Ariza mengatakan jika para pelaku usaha maupun masyarakat tidak menaati protokol kesehatan, maka masalah ekonomi yang disebabkan pandemi Covid-19 juga tidak akan selesai. Selain itu dengan masalah kesehatan yang diakibatkan virus corona akan terus terjadi. Oleh karena itu, menurutnya perlu ada kebijakan yang seimbang dalam mengatur kepentingan kesehatan dan ekonomi.

“Jadi memang perlu ada kebijakan, perlu ada keseimbangan mengatur antara kepentingan kesehatan dan kepentingan ekonomi. Sama-samanya kita prioritaskan, perlu diatur keseimbangannya agar satu sama lain saling mendukung,” tambahnya.

Ariza menambahkan di sisi lain, seluruh upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan Pemprov DKI tidak akan berhasil jika tanpa bantuan dari semua kalangan masyarakat. Ia menyebut, kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan merupakan kunci keberhasilan dalam upaya pengendalian penyebaran virus corona.

“Jadi kunci kita adalah patuh, ketaatan dan kedisiplinan masyarakat untuk selalu senantiasa melaksanakan protokol kesehatan. Mudah-mudahan ke depan kita dapat mengurangi penyebaran Covid di Jakarta,” ungkapnya.

Ia juga ingin agar masyarakat semakin aktif melaporkan pelanggaran yang terjadi selama diterapkannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Ibu Kota. Harapannya, langkah ini dapat menekan angka penyebaran Covid-19.

Pemprov DKI akan memproses setiap laporan yang diterima dari masyarakat. Kemudian, pihaknya pun bakal melakukan penindakan terhadap pelanggar yang terbukti bersalah.

Ariza memaparkan, laporan pelanggaran protokol kesehatan dapat disampaikan melalui aplikasi JAKI maupun laman web yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta. Menurutnya, peran serta masyarakat akan mampu mengubah pola pikir para pelanggar agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here