Ini Dia Layanan Digital Orkestrator Pertama di Indonesia untuk Membantu Kebutuhan Logistik Pelaku Usaha
IIlustrasi Logistik Pelaku Usaha. (Foto: thongden_studio/freepik)

MNEWS.co.id – Salah satu aspek krusial yang dapat mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah terkait dengan logistik. Pemanfaatan dan optimalisasi solusi digital menjadi salah satu kunci dalam menjawab tantangan logistik yang kerap dihadapi oleh pelaku UMKM Indonesia.

Lion Parcel (PT Lion Express), perusahaan jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia, mendukung pertumbuhan UMKM dengan membagikan tips pemanfaatan dan optimalisasi digital dan solusi logistik.  

Chief Marketing Officer Lion Parcel Kenny Kwanto menjelaskan, UMKM memiliki potensi pertumbuhan yang besar seiring dengan penetrasi digital yang semakin meluas. Oleh karena itu, penting bagi UMKM untuk melakukan adaptasi agar dapat masuk ke dalam ekosistem digital.

“Selain peluang yang besar, digitalisasi juga berpotensi menjadi tantangan bagi pelaku usaha termasuk UMKM karena persaingan bisnis yang semakin terbuka. Oleh karena itu, UMKM harus memastikan produk yang dikembangkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat agar mendapat respon positif dari target pasar,” ujar Kenny dalam konferensi SME DigitalFest 2023 di SMESCO, Sabtu (11/8/2023).

Sementara itu, Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan mengatakan, digitalisasi terhadap para pelaku usaha diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan memperluas peluang bagi pelaku usaha untuk mengembangkan pasar sehingga dapat meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM.

“Digitalisasi UMKM dapat diterapkan dengan penggunaan media sosial untuk mempromosikan bisnis, menggunakan website atau aplikasi untuk membuka toko online, serta memanfaatkan mesin digital marketing seperti SEO (Search Engine Optimization) dan email marketing.” ujarnya.        

Kenny menambahkan, era digital UMKM memberikan kemudahan akses terhadap sejumlah platform yang dapat dimanfaatkan untuk riset guna pengembangan produk dan strategi pemasaran yang tepat.

Era digital memungkinkan adanya keterbukaan informasi sehingga UMKM bisa mempelajari karakteristik pasar bahkan melakukan komunikasi dua arah dengan konsumen untuk mendapatkan feedback terkait produk.

“Memang seringkali UMKM mengalami tantangan baik dari sisi sumber daya manusia maupun budget, sehingga UMKM dapat memulai transformasi digital dengan hal mudah terlebih dahulu seperti menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk. Dalam prosesnya, UMKM dapat terus beradaptasi untuk optimalisasi platform digital lain guna pengembangan bisnis,” papar Kenny.

Tidak hanya berbagi tips optimalisasi digital, Kenny juga membagikan informasi solusi logistik bagi UMKM untuk pengembangan bisnis dan memperluas pasar. Transaksi online yang terus meningkat seiring dengan tumbuhnya digitalisasi membuat kebutuhan akan jasa ekspedisi pun turut meningkat, sehingga menjadi penting bagi UMKM memilih partner jasa ekspedisi yang tepat.

“Saat ini jasa ekspedisi bukan hanya sebagai supporting partner saja bagi UMKM, tetapi sudah menjadi bagian dan representasi dari produk itu sendiri. UMKM harus pintar memilih partner logistik yang tepat untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang positif,” jelas Kenny.

Sebagai perusahaan logistik yang memiliki fokus terhadap UMKM, Lion Parcel turut berkomitmen mendukung pertumbuhan bisnis UMKM dengan menyediakan jasa ekspedisi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Perusahaan logistik sebagai enabler transaksi online secara tidak langsung mendukung UMKM untuk go digital. Hal ini sesuai dengan cita-cita pemerintah yang menargetkan 30 juta UMKM go digital di tahun 2024.

“Dalam memilih partner logistik, UMKM harus memperhatikan beberapa hal diantaranya layanan yang lengkap sesuai dengan kebutuhan, jangkauan yang luas, teknologi yang mumpuni, dan juga program-program menarik serta menguntungkan bagi UMKM. Poin-poin ini dapat mengakomodir semua kebutuhan pengiriman UMKM,” tambahnya.

Lion Parcel berkomitmen menjawab kebutuhan UMKM dengan menyediakan layanan yang beragam sesuai dengan kebutuhan UMKM, mulai dari pengiriman dengan harga murah hingga pengiriman dalam jumlah besar tentunya dengan ongkos kirim yang terjangkau.

“Semua inovasi yang kami hadirkan merupakan salah satu bentuk komitmen Lion Parcel untuk menjadi partner terbaik bagi UMKM dari sisi penyedia jasa pengiriman. Lion Parcel percaya UMKM di Indonesia memiliki potensi yang besar untuk bertumbuh dan Lion Parcel turut ambil bagian sebagai penyedia solusi logistik yang tepat bagi UMKM,” tutup Kenny.