Ilustrasi. (Foto: Dok/Tokopedia)

MNEWS.co.id – Memasuki bulan Agustus 2023, masyarakat Indonesia cenderung memenuhi kebutuhan akan produk yang berkaitan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI).

Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia dengan marketplace terdepan pun berupaya mempermudah masyarakat menemukan beragam produk kebutuhan untuk merayakan momentum hari kemerdekaan.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak mengungkapkan, saat ini sudah ada lebih dari 1,8 miliar produk di Tokopedia dari lebih dari 14 juta penjual yang hampir 100% pelaku UMKM.

Lewat Tokopedia, lanjut Nuraini, pelaku usaha di Indonesia bisa menawarkan berbagai produk kebutuhan–termasuk yang berkaitan dengan perayaan HUT ke-78 RI kepada masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia.

“Fesyen, Olahraga serta Rumah Tangga menjadi beberapa kategori produk paling laku di Tokopedia pada dua minggu menjelang HUT ke-78 RI, dibandingkan rata-rata dwimingguan selama kuartal II 2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 3 kali lipat,” ungkap Nuraini dikutip MNEWS.co.id dari siaran pers Tokopedia.

Nuraini pun membagikan beberapa tren belanja online di Tokopedia menjelang hari kemerdekaan dan sejumlah ide kegiatan yang bisa dilakukan masyarakat dalam merayakan HUT ke-78 RI.

Pawai keliling kota dengan kostum menarik
Pawai keliling kota merupakan tradisi populer untuk merayakan momen 17 Agustusan yang memungkinkan masyarakat berkreasi dengan beragam cara. Mulai dari membuat atribut karnaval yang menggambarkan semangat patriotik, memilih pakaian adat sebagai penghormatan budaya, atau mengenakan pakaian bertema merah putih.

“Data Tokopedia mencatat, pakaian tradisional, outfit atau busana bernuansa merah putih dan seragam paskibra menjadi beberapa produk fesyen paling laris pada dua minggu menjelang HUT ke-78 RI, dibandingkan rata-rata dwimingguan selama kuartal II 2023, dengan peningkatan jumlah transaksi masing-masing hampir 2x lipat, hampir 6x lipat dan lebih dari 10x lipat,” jelas Nuraini.

Agar tampil modis dan relevan dengan momen kemerdekaan, masyarakat bisa menemukan produk fesyen–termasuk yang bernuansa merah putih–dari pelaku usaha lokal lewat Tokopedia Fashion Local.

“Kampanye ini berlangsung hingga 20 Agustus 2023 dengan berbagai penawaran menarik, seperti flash sale hingga 99% dan cashback sampai Rp500.000,” tambah Nuraini.

2. Berpartisipasi dalam lomba hari kemerdekaan
Di pascapandemi, masyarakat kembali bisa mengadakan berbagai kegiatan lomba untuk memeriahkan momen 17 Agustus. Sejumlah cabang olahraga seringkali dijadikan perlombaan untuk merayakan HUT ke-78 RI, salah satunya badminton. Agar lebih optimal, siapkan sepatu olahraga, pakaian olahraga dan peralatan olahraga lainnya.

“Produk olahraga, seperti sepatu olahraga, raket tenis serta raket badminton, juga mengalami peningkatan jumlah transaksi pada dua minggu menjelang HUT ke-78 RI, dibandingkan rata-rata dwimingguan selama kuartal II 2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 2 kali lipat,” ujar Nuraini.

3. Pamer kreativitas dengan dekorasi lingkungan rumah
Di bulan Agustus, masyarakat diimbau untuk memasang bendera merah putih selama satu bulan penuh. Agar lebih semarak, hias area rumah dengan berbagai dekorasi tematik menggunakan atribut merah putih, seperti bendera kecil, umbul-umbul, lampu hias merah putih, atau elemen lain yang mencerminkan semangat kemerdekaan.

“Bendera merah putih dan lampu merah putih menjadi beberapa produk dekorasi yang paling banyak dibeli masyarakat melalui Tokopedia pada dua minggu menjelang HUT ke-78 RI, dibandingkan rata-rata dwimingguan selama kuartal II 2023, dengan peningkatan jumlah transaksi masing-masing lebih dari 60 kali lipat dan hampir 70 kali lipat,” ungkap Nuraini.

4. Rayakan dengan makanan nusantara
Hari kemerdekaan adalah saat yang tepat untuk merayakan warisan budaya termasuk kuliner. Saat momen penting seperti ini, menghidangkan makanan tradisional khas nusantara adalah salah satu cara untuk merayakan identitas dan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.

“Melalui Tokopedia NYAM!, masyarakat bisa dengan sangat mudah mendapatkan produk makanan dan minuman khas Indonesia dari sederet pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal. Merayakan libur kemerdekaan dengan menghadirkan kuliner nusantara di rumah bisa lebih menyemarakkan suasana,” ujar Nuraini.

5. Ciptakan suasana kemerdekaan di area kerja
Menjelang HUT RI, kantor-kantor biasanya melakukan aktivitas spesial untuk karyawan seperti lomba khas 17an, lomba kostum terunik, atau berbagai lomba yang melibatkan kerja sama tim. Aktivitas ini biasanya dilakukan untuk sekaligus mempererat bonding antara rekan kerja.

“Semua produk kebutuhan termasuk yang berkaitan dengan lomba 17 Agustusan di kantor, seperti balon, kelereng, kerupuk, hingga kado untuk para pemenang, bisa didapatkan masyarakat dengan mudah melalui Tokopedia,” jelas Nuraini.

“Karena tanggal ulang tahun Tokopedia sama dengan Indonesia, sepanjang bulan Agustus 2023, kami menggelar kampanye Tokopedia Traktir Ultah dengan deretan promo  sehingga belanja produk kebutuhan–termasuk yang berkaitan dengan 17an–bisa jadi lebih hemat. Salah satunya, Promo Tumpuk yang berlangsung hingga 31 Agustus 2023 dimana masyarakat bisa menggabungkan promo bebas ongkir, diskon, cashback dan berbagai keuntungan lain setiap bertransaksi lewat Tokopedia,” tambah Nuraini.

Tren belanja online menjadi pilar utama dalam merayakan kemerdekaan Indonesia, memberikan peluang berlimpah bagi UMKM, dan menginspirasi semangat kewirausahaan.

Perayaan kemerdekaan tidak hanya menjadi momen bersejarah, tetapi juga peluang emas bagi para pelaku UMKM dan pegiat kewirausahaan untuk meraih kesuksesan dalam era digital.