Ilustrasi Tren Bersepeda. (Foto: Dok. Kemenperin)

Jakarta, MNEWS.co.id – Bersepeda kini menjadi gaya hidup masyarakat urban di tengah pandemi Covid-19. Kondisi tersebut diyakini bisa membangkitkan industri sepeda dalam negeri.

Eko Wibowo selaku Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apsindo), yakin industri sepeda nasional bisa bangkit. Saat ini, sepeda bukan lagi sekadar alat rekreasi, melainkan kebutuhan dalam menjalankan kesehatan.

“Dengan adanya perubahan gaya hidup, pengembangan industri sepeda nasional juga akan terdongkrak,” katanya.

Eko menambahkan industri sepeda lokal membutuhkan dukungan pemerintah. Dalam hal ini, yang dibutuhkan yaitu infrastruktur penjunjang agar komponen yang masih banyak diimpor bisa diproduksi di dalam negeri.

“Komponen impor harus disubstitusi dengan produk dalam negeri agar menciptakan 100 persen karya anak bangsa,” ungkapnya.

Menurutnya, pemerintah perlu mendukung kebijakan yang mendorong masyarakat menggunakan transportasi ramah lingkungan, termasuk sepeda. Dengan begitu, bersepeda bukan hanya tren sesaat saja karena pandemi.

“Jadi, pemerintah harus fokus menangani industri ini, sehingga kalau upaya ini diseriuskan bisa sebagai goodwill dari pemerintah untuk mendukung masyarakat memilih sepeda sebagai alat transportasi,” tambah Eko.