Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi inisiatif masyarakat Desa Dogang, Langkat, Sumatra Utara (Sumut) dalam memanfaatkan potensi wisata desanya untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja. (Foto: kemenparekraf.go.id)

MNEWS.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi inisiatif masyarakat Desa Dogang, Langkat, Sumatra Utara (Sumut) dalam memanfaatkan potensi wisata desanya untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Dalam kunjungannya ke Desa Dogang, Kamis (14/4/2022), Sandiaga mengatakan hal ini merupakan tren pariwisata terbaru di Indonesia. Di mana masyarakat berinisiatif untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di daerahnya.

“Masyarakat mengambil inisiatif dan ini adalah bagaimana Desa Dogang memanfaatkan potensi wisata yang dimilikinya,” kata Sandiaga dilansir MNEWS.co.id dari siaran pers Kemenparekraf.

Hal ini terbukti dari didirikannya destinasi wisata Doremi River di Desa Dogang. Destinasi wisata yang didirikan sejak 2020 ini berdiri di lokasi bekas tambak udang yang ada di Desa Dogang.

Doremi River atau Dogang Resto Milenial River ini menyediakan banyak pondok-pondok lesehan, camilan, spot foto instagrammable, wahana bermain bebek dayung untuk anak-anak, dan juga makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Destinasi wisata Doremi River atau Dogang Resto Milenial River di Desa Dogang, Langkat, Sumatra Utara. (Foto: kemenparekraf.go.id)

Sandiaga pun mengajak Pemerintah Kabupaten Langkat dan pihak-pihak terkait lainnya untuk berkolaborasi mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di Desa Dogang yang mengusung konsep ekowisata berbasis komunitas. 

“Mari kita kolaborasi untuk mengimplementasikan community based tourism dan ini perlu kolaborasi semua pihak. Bukan hanya desa, tapi juga DPR, kementerian, pemerintah daerah, dan semua mewujudkan hal ini sehingga menghasilkan dampak positif dari segi sosial, ekonomi, budaya, serta lingkungan secara berkelanjutan,” katanya.

Sandiaga juga mendorong agar Desa Dogang ikut mendaftar ke situs Jejaring Desa Wisata (Jadesta). “Sehingga nantinya Desa Dogang bisa kita beri intervensi kebijakan-kebijakan seperti penanaman mangrove untuk menciptakan momentum kebangkitan ekonomi kita dan pembukaan lapangan kerja,” kata Sandiaga.