Mengenal Potensi UMKM di Kabupaten Berau
Ilustrasi. (Foto: Marketeers)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kabupaten Berau merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Timur yang memiliki kurang lebih 3.000 UMKM yang tersebar di seluruh kecamatan, kelurahan, dan kampung dengan berbagai macam produk makanan olahan dan souvenir dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Ada berbagai produk unggulan UMKM Kabupaten Berau antara lain; terasi yang bahan bakunya dari udang, lada, dan berbagai olahan cokelat, serta souvenir baik dari bahan baku kelapa terpadu maupun dari kerang juga berbagai produk kuliner lainnya.

Di Kabupaten Berau terdapat wisata kuliner di sepanjang Tepian kota Tanjung Redeb. Selain itu Kabupaten Berau juga memiliki destinasi wisata baik wisata alam maupun wisata bahari, para wisatawan bisa menikmati keindahan Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kaniungan, Labuan Cermin dan masih banyak lagi destinasi wisata yang lain.

Mengenal Potensi UMKM di Kabupaten Berau. (Foto: Marketeers)

Untuk mendukung UMKM di Kabupaten Berau Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperindag Kabupaten Berau telah melakukan berbagai program kegiatan yang terkait peningkatan Sumber Daya Manusia di keterampilan para pelaku dan calon pelaku UMKM.

Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain berupa pelatihan kewirausahaan yang bertujuan memberi pelatihan kepada pelaku UMKM tentang bagaimana mengelola usaha mereka agar berjalan dan berkembang.

Selain itu juga diadakan berbagai pelatihan yaitu, pelatihan menjahit, pelatihan tata boga, pelatihan olahan berbahan baku ikan, peningkatan mutu produk label halal, sertifikasi BPOM dan pelatihan kemasan.

Pada Agustus 2020 lalu, International Council For Small Business (ICSB) Indonesia memberikan penghargaan Anugerah Natamukti 2020 kepada Kabupaten Berau atas potensi dan pengembangan pelaku UKM di wilayah tersebut.

Sumber: Marketeers

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here