Indonesia Salah Satu Negara Penghasil Kopi Paling Agresif di Dunia
Ilustrasi kopi Indonesia. (Foto: sumutinvest.com)

MNEWS.co.id – Pemerintah melakukan berbagai cara untuk membawa cita rasa kopi Nusantara yang khas ke pangsa pasar yang lebih luas, baik di pasar lokal maupun internasional.

Kantor Atase Perdagangan di Singapura, bekerja sama dengan Kantor Bank Indonesia di Singapura, Kantor Perwakilan BNI di Singapura, pada tanggal 13 Juli 2023 menandatangani Memorandum of Understanding yang menandai pendirian Indonesia House of Beans Singapore (IHOB Singapore).

Pendirian IHOB Singapore tersebut juga dilakukan dengan menggandeng mitra coffee shop lokal di Singapura yang mempunyai 5 outlet di Singapura yaitu 6 oz Espresso Bar.

Dubes RI untuk Singapura, Suryo Pratomo dalam sambutannya menyampaikan bahwa langkah ini adalah contoh nyata dari Indonesia Incorporated, di mana seluruh elemen dan stekaholders membangun kerja sama yang kohesif dan sinergis, tidak hanya antar lembaga Pemerintah dan BUMN, tetapi juga dengan mitra swasta, hingga partner dari negara lain.

“IHOB Indonesia ini ke depannya juga menjadi ruang khusus bagi para UMKM eksportir kopi Indonesia agar mereka mendapatkan kesempatan yang luar biasa untuk bisa memasarkan produk mereka di Singapura, sehingga mereka bisa naik kelas untuk bersaing di pasar ekspor global,” ucap Suryo dikutip MNEWS.co.id dari laman Kemenlu.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Didi Sumedi dalam sambutannya juga ikut menyampaikan jika pendirian IHOB Singapore merupakan langkah nyata upaya Kemendag untuk selalu membangun strategi promosi yang berkelanjutan dan kolaboratif.

Dengan menggandeng mitra strategis seperti Bank Indonesia dan para Bank BUMN, Kemendag mencoba memperkuat sinergitas antar Lembaga demi strategi promosi ekspor yang lebih komprehensif.

“Singapura merupakan salah satu Negara terpenting untuk tujuan ekspor kopi Indonesia, karena karakter pasar Singapura yang berposisi sebagai meting pod, dan menjadi barometer tren perkembangan industri kopi, tidak hanya di kawasan tetapi juga di dunia,” ujar Didi.

IHOB Singapore akan berfungsi sebagai ruang display permanen yang menampilkan beragam varian biji kopi terbaik dari Indonesia. Ke depannya, varian biji kopi Indonesia yang ditampilkan akan digilir per 3 (tiga) bulan, di mana IHOB Singapore akan melakukan seleksi dan kurasi untuk kemudian akan dibeli oleh 6 oz Espresso Bar dan ditampilkan di IHOB Singapore.

Selain itu, akan dilakukan serangkaian offline events di outlet IHOB Singapore untuk mendukung kegiatan promosi seperti coffee cupping dan tasting, talkshow tentang kopi, kompetisi barista hingga kegiatan promosi lainnya.

IHOB Singapore juga akan berfungsi sebagai platform komersil untuk menjual dan memasarkan biji kopi Indonesia. Seluruh varian biji kopi pilihan dari Indonesia yang lolos seleksi dan kurasi akan dijual secara komersil di IHOB Singapore, baik secara langsung ke konsumen (b to c) maupun business to business (b to b) kepada coffee shop lainnya atau traders, serta tersedia dalam berbagai ragam kemasan dan varian seperti kemasan standar 250 gram hingga 1 kg, coffee pods dan coffee capsules, hingga kemasan untuk wholesale 60 kg.