Pantai Likupang. (Foto: Antara)

Likupang, MNEWS.co.id – Likupang, Sulawesi Utara, memiliki daya tarik wisata yang luar biasa. Likupang juga merupakan salah satu dari destinasi wisata super prioritas yang ditetapkan pemerintah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan Likupang adalah salah satu wisata favorit untuk wisatawan Tiongkok. Hal ini dikarenakan  perjalanan dari destinasi paling Selatan di kota besar Tiongkok menuju Likupang, bisa ditempuh dalam waktu sekitar 3,5 jam.

“Sudah jadi destinasi favorit mereka karena punya wisata bahari, bisa juga dikembangkan minat khusus seperti wisata olahraga, sepeda, triatlon, maraton,” katanya dikutip dari Antara.

Sandi menambahkan Likupang tidak hanya memiliki alam yang menarik untuk jadi wisata olahraga dan wisata bahari, pencinta makanan lezat pun bisa berkunjung ke kacamatan di Kabupaten Minahasa Utara, karena banyak kuliner menarik yang bisa dicicipi.

“Likupang kulinernya enak banget, makanan Manado sangat membuat kangen, ayam rica-rica, ikan woku, ikan kelas dunia,” tambahnya.

Kuliner Sulawesi Utara yang menarik untuk dinikmati salah satunya yakni bubur tinutuan yang bersi aneka sayur mulai dari bayam, kangkung, kemangi, ubi, labu hingga pipilan jagung. Selain itu, ada juga pisang goroho, mirip keripik pisang namun dicocol dengan sambal roa. Kuliner ini nikmat disantap dengan secangkir kopi atau teh.

Kemudian para wisatawan yang berkunjung ke Likupang, juga bisa menikmati camilan berupa pastel bernama panada, yang terdiri dari roti goreng dengan isian suwiran ikan cakalang.

Dengan jarak tempuh dua jam menggunakan mobil dari Manado, banyak pantai eksotis yang terdapat di Likupang. Dari mulai Pantai dan Bukit Pulisan, Pantai Paal, Pantai Lihaga dan Pulau Gangga.

Ketika berkunjung ke Likupang pada Maret 2021 lalu, Sandiaga sempat menjajal olahraga Aquathlon (renang dan lari) sebagai bagian uji coba pelaksanaan Indonesia Triathlon Seris.

Ia berenang di laut sejauh 1.054 meter, kemudian berlari sepanjang lima kilometer. Dari hasil uji coba tersebut, dia menilai Likupang telah siap menjadi tuan rumah kegiatan wisata berbasis olahraga.

Selain itu, Sandi juga menilai kawasan Likupang sangat cocok dikembangkan menjadi lokasi kegiatan Meeting, Incentive, Exhibition dan Event (MICE)