Ilustrasi UMKM. (Foto: Shutterstock)

MNEWS.co.id – Untuk berhasil dalam dunia bisnis yang kompetitif, keterampilan menjadi faktor kunci yang tidak dapat diabaikan. 

Bagi para entrepreneur muda, meningkatkan keterampilan menjadi sebuah keharusan dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital yang terus berkembang pesat.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim yang mengatakan bahwa perlu dilakukan peningkatan keterampilan entreprenuer muda untuk membentuk ekosistem kewirausahaan di daerahnya.

“Peningkatan ekosistem kewirausahaan khususnya bagi segmentasi anak muda sangatlah penting dilaksanakan, sebag jiwa entrepreneur mereka sangatlah tinggi dan perlu diwadahi oleh semua pihak, salah satunya pemerintah daerah,” ujarnya dikutip MNEWS.co.id dari Antara.

Dengan adanya hal tersebut, lanjut Chusnunia, maka perlu dilakukan peningkatan keterampilan entreprenur muda secara spesifik di daerahnya.

“Jadi harus ada program khusus dari dinas untuk meningkatkan keterampilan mereka, sehingga ekosistem kewirausahaan terbentuk dengan baik serta dapat meningkatkan perekonomian daerah,” ucapnya.

Chusnunia menjelaskan, dalam upaya meningkatkan keterampilan kewirausahaan pada pemuda, pihaknya akan berfokus pada pelatihan yang sesuai ketertarikan minat.

“Jadi untuk kaum muda ini minatnya banyak ke digitalpreneur atau memiliki minat dan keterampilan dasar di bidang ekonomi digital. Sehingga pelatihan akan diarahkan ke minat mereka seperti pemasaran digital, pengembangan konten kreator,” lanjutnya.

Chusnunia menilai, adanya peningkatan keterampilan serta keinginan berwirausaha oleh generasi muda akan turut menyokong pelaku UMKM lokal daerah. 

Ia menyampaikan jika pelaku UMKM lokal kebanyakan dikelola oleh masyarakat yang sudah lebih berumur dan biasanya hanya fokus untuk memproduksi barang saja.

“Jadi adanya entrepreneur muda ini bisa menjangkau segmen yang tidak tersentuh seperti pemasaran digital. Dan ini yang terus kita dorong untuk ditingkatkan melalui pelatihan,” pungkasnya