Ilustrasi Pelatihan Online. (Foto: Pexels/fauxels)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki resmi meluncurkan program pelatihan online atau e-learning bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Program ini dibuat untuk mendorong gairah UMKM di tengah penanganan COVID-19.
 
“Hari ini kita ingin memunculkan program pelatihan usaha di masa COVID-19, pelatihan kita harus digeser jadi online supaya jaga protokol COVID-19,” kata Teten.
 
Teten menjelaskan program e-learning sudah bisa diakses gratis melalui website resmi edukukm.id. Di dalamnya terdapat beragam konten tutorial yang melibatkan para ahli sebagai mentor. Para peserta yang mengikuti proses pelatihan juga akan mendapatkan sertifikat resmi dari Kemenkop UKM. 
 
Menurutnya, fokus pemasaran secara online perlu mendapatkan sentuhan inovasi produk yang paling dibutuhkan masyarakat. Program tersebut juga ditujukan agar pelaku UMKM bisa menemukan alternatif inspirasi dalam mengalihkan lini bisnisnya.
 
“Misalnya produk hobi outdoor-indoor seperti game naik 70 persen, produk kesehatan masker naik 90 persen, makanan minuman herbal naik 200 persen, bahan pokok naik 350 persen. Sebenarnya tidak semua UMKM permintaannya habis, masih ada yang opportunity bisa tumbuh,” katanya.
 
Arif Rahman Hakim, Deputi Bidang SDM memaparkan, fasilitas e-learning KUMKM sangat efektif di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ia optimistis dua juta peserta bisa ikut terlibat dalam pengembangan bisnis ke depan.
 
“Rancangan awal kita target 25 ribu, tapi dengan pelatihan online ini kami optimistis minimal dua juta. Nanti kami lihat mungkin bisa lebih bahkan empat jutaan setelah kami jumlahkan dengan sertifikat yang dikeluarkan,” kata Arif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here