Belanja di Tokopedia. (Foto: Tokopedia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang kini diberlakukan hingga 2 Agustus 2021 di wilayah Jawa-Bali mendorong masyarakat lebih banyak beraktivitas dari rumah. Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, masyarakat pun mengandalkan belanja melalui online.

“Selama tiga minggu pertama masa PPKM berlangsung, kategori ‘Kesehatan, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga’ merupakan tiga kategori di Tokopedia dengan lonjakan penjualan paling signifikan,” ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Berikut rincian tiga kategori dengan lonjakan penjualan paling pesat di Tokopedia selama masa PPKM Darurat:

1. Kesehatan
Produk kesehatan seperti oximeter, vitamin, dan masker menjadi produk yang paling banyak diburu masyarakat lewat Tokopedia selama 3 minggu pertama PPKM Darurat berlangsung.  “Masyarakat bisa mengunjungi ‘Tokopedia Peduli Sehat’ untuk mendapatkan produk kesehatan pilihan yang sudah terkurasi dengan deretan kemudahan lainnya, termasuk diskon hingga 90%,” ujar Ekhel.

2. Makanan dan Minuman
Selama masa PPKM berlangsung, produk kopi, paket dan parsel makanan, serta bumbu dan bahan makanan merupakan beberapa produk di kategori makanan dan minuman di Tokopedia yang paling banyak diburu masyarakat. Masyarakat pun bisa menemukan beragam pilihan makanan dan minuman dari para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal makanan dan minuman melalui ‘Tokopedia NYAM!’.

3. Rumah Tangga
Rumah tangga menjadi kategori terakhir dengan penjualan paling pesat selama masa PPKM Darurat. Hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat akan proteksi kesehatan di rumah terus meningkat. Adapun ini terlihat dari cairan desinfektan yang semakin banyak diburu oleh masyarakat. Mulai dari kemasan botol kecil yang mudah dibawa, hingga cairan desinfektan refill dalam kemasan besar.

“Di sisi lain, pada kategori rumah tangga, produk-produk yang paling populer di antaranya handuk, bantal tidur, serta cairan desinfektan,” ungkapnya.