Ilustrasi UMKM. (Foto: Kemenkop UKM)

Jakarta, MNEWS.co.id – Terus mengedepankan komitmen dalam mendukung UMKM di Indonesia, Shopee menggelar acara ‘Kerja Bareng Untuk Negeri’ bersama dengan beberapa Kementerian dan Instansi Pemerintahan.

Kegiatan ini secara khusus menyoroti komitmen untuk bersama-sama mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di masa pandemi melalui berbagai program inovatif yang telah diimplementasikan di sepanjang tahun 2020, yang bermula dari gerakan Shopee Bersama UMKM.

Dengan adanya peralihan kecenderungan perilaku berbelanja secara online, UMKM dituntut untuk dapat beradaptasi dan berinovasi secara digital. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pandemi ini mengubah perilaku konsumsi masyarakat. “Dari yang dulu membeli produk secara langsung, sekarang semua beralih menuju online,” kata Teten dikutip dari Liputan 6.

Sehingga, para UMKM harus bisa beradaptasi di tengah perubahan perilaku konsumsi masyarakat. Dengan adanya inisiatif program Kerja Bareng Untuk Negeri bersama dengan Shopee, pelaku UMKM diharapkan untuk dapat terus meningkatkan performa bisnis secara optimal dengan terus meningkatkan pengetahuan dan literasi digital, membangun model bisnis yang adaptif serta penguatan akses pasar yang kolaboratif.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menambahkan UMKM merupakan salah satu penggerak roda ekonomi di Indonesia. Dengan semakin banyaknya UMKM yang hadir di Indonesia, para pelaku UMKM akan diberi kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan guna secara efektif dan optimal dapat beradaptasi dengan penerapan literasi digital demi melangsungkan bisnis UMKMnya di era digital saat ini.

“Kami mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Shopee Indonesia atas sinergi yang dilakukan dengan pemerintah dalam membantu UMKM khususnya dalam mendukung keberlangsungan bisnis dan memberdayakan mereka,” katanya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menambahkan, sinergi antara pemerintah dan pelaku industri di tengah masa sulit ini harus bisa kita manfaatkan untuk membuka peluang dan lompatan bagi para pelaku UMKM untuk berinovasi. UMKM memerlukan strategi yang tepat dalam memasuki pasar global.

“Besar harapan saya, dengan adanya inisiatif Kerja Bareng untuk Negeri dari Shopee dapat menjadi jawaban akan tantangan ekspansi ke pasar global yang harus dijawab UMKM soal inovasi dan pemanfaatan teknologi digital. Saya yakin UMKM Indonesia memiliki potensi segera pulih dari pandemi Covid-19 dan meningkatkan kapasitas karena kita punya sumber daya alam melimpah dan dukungan pemerintah,” kata Erick.