Vending machine JumpStart memasarkan produk-produk UMKM. (Foto: JumpStart Indonesia)

MNEWS.co.id – JumpStart Indonesia, startup pionir mesin kopi pintar yang kini dikenal sebagai pengembang teknologi smart retail berhasil meraih penghargaan pada kategori Technology Excellence Award-Smart Technology Retail pada ajang Asian Technology Awards 2023 yang diikuti oleh beberapa negara di Asia diantaranya Brunei, China, Filipina, Myanmar, Pakistan, Thailand, Vietnam dan lainnya.

Penghargaan ini diberikan kepada JumpStart Indonesia sebagai pengakuan atas kontribusi luar biasa mereka dalam memajukan sektor UMKM Indonesia dengan platform ritel cerdas end-to-end yang memanfaatkan teknologi informasi (TI) dan mesin untuk memberikan solusi komprehensif dalam logistik, pemasaran, perkiraan, pelaporan dan analisis. 

Penghargaan ini juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara penyedia teknologi dan UMKM, menyoroti potensi kemitraan yang saling menguntungkan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan dan mendukung distribusi produk asli.

Jumpstart melihat penghargaan ini sebagai motivasi untuk mengembangkan bisnis mereka, mengakomodasi lebih banyak wilayah, dan melayani demografi yang lebih luas, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap kemajuan industri ritel di Indonesia.

Dengan menawarkan pusat terpadu untuk pengumpulan dan distribusi produk melalui vending machine pada lokasi strategis di kota-kota besar, platform ini membantu UMKM meminimalisir biaya operasional dan pemasaran, sehingga mereka dapat menjangkau pasar potensial dengan lebih efisien.

Selain itu, pembagian data inventaris dan penjualan secara real-time, serta simulasi dan otomatisasi dengan sistem ini memungkinkan penjual mengelola bisnis mereka dari jarak jauh dan mendapatkan insights untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka. 

Brian Imawan, CEO JumpStart Indonesia mengatakan jika saat ini UMKM di Indonesia sedang berkembang pesat.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2022, terdapat 64,2 juta UMKM yang berkontribusi sebesar 61% terhadap PDB Indonesia. Untuk itu, lanjut Brian, JumpStart berupaya untuk mendukung perkembangan UMKM dengan memperluas distribusi produk-produk UMKM lewat vending machine pintar mereka yang sudah terintegrasi dengan berbagai solusi yang dapat mengoptimalkan penjualan produk untuk mencapai basis konsumen yang lebih luas.

“Mesin kami juga tidak terbatas menjual makanan dan minuman, tetapi kami juga menjual hasil karya UMKM lainnya seperti tas, sepatu, baju, dompet bahkan kerajinan logam mulia,” kata Brian dalam keterangan tertulis yang diterima oleh redaksi MNEWS.co.id.

Komitmen JumpStart dalam mendukung UMKM Indonesia dimulai di kegiatan Locale Pop Up ketika berkolaborasi dengan salah satu e-commerce Indonesia pada tahun 2022 lalu yang diresmikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki.

Saat itu, vending machine pintar JumpStart memasarkan produk makanan dan minuman dari UMKM binaan e-commerce tersebut selama 20 hari di Grand Indonesia dan berhasil menjual 11 macam produk UMKM kepada hampir 196.000 konsumen yang mendorong peningkatan pertumbuhan penjualan sebesar 18% per produk UMKM. 

Untuk memaksimalkan dukungan terhadap UMKM, tidak tanggung-tanggung JumpStart menerapkan sistem pembelian putus, sehingga UMKM tidak perlu mengkhawatirkan adanya risiko barang yang diretur karena tidak laku dan dengan sistem beli putus ini.

“Kami berkomitmen untuk terus membantu UMKM. Dalam waktu dekat kami akan meluncurkan jenis mesin baru lagi yang tidak saja akan membantu distribusi produk-produk UMKM tetapi juga membuka peluang bisnis baru untuk UMKM dengan harapan dapat memberikan dampak positif pada ekonomi dan masyarakat Indonesia,” pungkas Brian.