Jakarta, MNEWS.co.id – Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Fesyen, Kesehatan dan Elektronik menjadi beberapa produk yang paling laris dibeli oleh masyarakat sepanjang semester I 2022.
Melihat tren ini, Tokopedia terus berupaya menghadirkan berbagai inisiatif untuk dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat, misalnya melalui Hyperlocal. Inisiatif tersebut mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, sehingga belanja produk kebutuhan harian bisa lebih efisien karena ongkir lebih terjangkau dan pegiat usaha lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.
Didorong oleh inisiatif Hyperlocal, Tokopedia mencatat wilayah Asmat, Tual, Jeneponto, Takalar dan Bantaeng merupakan beberapa wilayah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia selama semester I 2022 dibandingkan semester II 2021.
Dari beberapa inisiatif yang dihadirkan Tokopedia, juga turut menciptakan temuan menarik seputar perilaku belanja online masyarakat Indonesia.
“Contohnya, transaksi paling jauh yang terjadi di Tokopedia sepanjang semester I 2022 adalah dari Bandung ke Jayapura,” tambah Ekhel dalam siaran pers Tokopedia yang dikutip oleh MNEWS.co.id.
Tokopedia juga mencatat wilayah dengan peningkatan transaksi antar pulau paling tinggi selama semester I 2022 terjadi antara Sulawesi-Papua, Papua-Jawa serta Papua-Bali dan NTT. Sementara beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada semester I 2022, yaitu Pegunungan Bintang, Humbang Hasundutan, Jayawijaya, Takalar hingga Keerom.
Guna membantu memudahkan berbelanja, Tokopedia juga telah meluncurkan kanal video streaming Tokopedia Play.
Sejak diluncurkan pada 2020, kanal video streaming ‘Tokopedia Play’ terus memberikan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha lokal dan menjadi penghubung antara penjual dan pembeli untuk memenuhi kebutuhan dengan lebih aman dan nyaman sekaligus interaktif dan menghibur.
“Pada kuartal II 2022 terjadi peningkatan transaksi lewat Tokopedia Play sebesar hampir 1,5 kali lipat jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya,” jelas Head of Content Marketing Platform Affiliate and Play, Nirmala Rahmawati Hapsari.
Lewat Tokopedia Play, masyarakat bisa menikmati berbagai tayangan seru, seperti live shopping, olahraga, memasak dan masih banyak lagi.
“Inisiatif ini merupakan upaya kami untuk terus relevan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat di era social commerce, di mana masyarakat cenderung mencari informasi atau inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya,” tambah Nirmala.
Berbagai manfaat juga bisa didapatkan para penjual, yaitu peluang promosi, membangun brand awareness, meningkatkan engagement toko dan penjualan, hingga dapat mengikuti berbagai kampanye dari Tokopedia Play untuk menggaet perhatian calon pembeli.
“Kecantikan, Kesehatan, Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia Play selama semester I 2022,” kata Nirmala.
Selain itu, live shopping yang paling banyak ditonton lewat Tokopedia Play, antara lain Ramadan Ekstra, Cantik Fest TV Show, dan Diskonvaganza.
“Temuan yang juga menarik, salah satu pembelian tercepat pada Tokopedia Play terjadi dalam waktu 1,37 detik,” tutup Nirmala.