Kopi robusta Cigemblong (Foto: Fathul Rizkoh)

Jakarta, MNEWS.co.id – Permintaan kopi jenis robusta asal Desa Cigemblong, Lebak, Banten terus meningkat sejak dirilis tahun 2020 lalu. Sekarang kopi asal Lebak itu sudah dipasarkan hingga daerah Jabodetabek.

Salah satu pelaku UMKM Desa Cigemblong, Muhdi mengatakan, pertama kali rilis kopi dijual di pasar sekitar Kabupaten Lebak saja. Dirinya tak menyangka jika produk UMKM desanya dilirik oleh daerah lain.

“Sudah ngirim ke Jakarta, Bandung, Tangerang. Sebelumnya hanya di sekitar Malimping atau Rangkasbitung. (Pengiriman) Bagaimana permintaan saja, mintanya berapa kilo nanti dikirim,” katanya.

Muhdi menjelaskan bahwa Kopi Cigemblong ditanam di atas lahan milik perhutanan sosial seluas 5 hektar. Lahan itu berada di atas Gunung Malang, Lebak dengan ketinggian 600-900 MDPL.

“Dalam satu tahun, dari 1.000 pohon kopi bisa panen 5 ton biji kopi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Muhdi mengatakan, proses produksi dilakukan setiap Minggu. Dalam satu kali produksi menghasilkan 50 Kg bubuk kopi. Bubuk kopi kemudian dikemas dalam ukuran 500 gram dan dibandrol Rp15.000,-.

“Setelah panen, kemudian masuk proses roasting kami lakukan secara tradisional, dibakar di glundung emas pakai kayu bakar. Keuntungannya bisa belasan juta, yah lumayan. Kalau jualan di Pasar Tani ini, kita bisa raup keuntungan Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per hari,” pungkasnya.