Ilustrasi Pemberdayaan Ekonomi Perempuan. Foto: google.com
Ilustrasi Pemberdayaan Ekonomi Perempuan. Foto: google.com

Jakarta, MNEWS.co.id – Sekitar 64 persen dari 64 juta UMKM digerakkan oleh perempuan. Bahkan di Indonesia, UMKM berkontribusi terhadap 60 persen pendapatan nasional. Dari data tersebut, kontribusi kaum perempuan sangat besar dalam penciptaan wirausaha dari berbagai sektor, termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang mengungkapkan jika kaum perempuan memegang peran strategis dalam pengembangan sektor parekraf di Indonesia.

“Perempuan telah ikut berpartisipasi dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pascapandemi COVID-19. Sekitar 54 persen pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah kaum perempuan,” kata Menparekraf Sandiaga saat menghadiri pembukaan pertemuan W20 di Hotel Niagara Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, Selasa (19/7/2022). 

Sandiaga mengatakan, perempuan merupakan tulang punggung dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Perempuan adalah pilar kesejahteraan masyarakat sekaligus penjaga tradisi dan budaya kita,” kata Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga juga mengungkapkan terima kasihnya atas peran perempuan dalam upaya mengembangkan dan membangkitkan sektor parekraf Indonesia pascapandemi COVID-19. Menurutnya, pemulihan parekraf di Tanah Air akan lebih baik dan lebih kuat dengan keikutsertaan perempuan.

“Kami juga sangat mendukung kaum perempuan untuk mengeluarkan potensi yang mereka miliki secara penuh dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat,” ungkap Sandiaga.