Delegasi perhelatan internasional, Summit Women 20 (W20) dari sejumlah negara di sela kegiatannya berkesempatan berburu produk-produk Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal yang di pamerkan di Hotel Niagara, tepian Danau Toba, Sumatera Utara. (Foto: ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

MNEWS.co.id – Di sela agenda kegiatannya, para delegasi perhelatan internasional Women 20 (W20) Summit dari sejumlah negara berkesempatan berburu produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal yang dipamerkan di Hotel Niagara di tepian Danau Toba, Sumatera Utara.

Para delegasi W20 terlihat begitu antusias saat mencoba berbagai produk fesyen kain ulos dan turunannya serta berbagai kuliner khas masyarakat setempat yang dipamerkan di ajang tersebut.

Sri Dewi, salah satu pelaku UMKM lokal mengaku bangga karena produk-produk olahan tangannya, seperti tas bermotif ulos dan topi ulos ragi hotang banyak dibeli oleh para delegasi W20.

Produk pelaku UMKM yang dipamerkan dalam pertemuan W20 Summit di Parapat, Danau Toba, Sumatera Utara. (Foto: ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

“Kemarin kami stok 50 buah untuk topi bermotif ulos, sekarang sisa dua buah,” ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan W20 Summit ini bisa mempromosikan produk-produk UMKM lokal khas Danau Toba lebih mendunia sehingga dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi COVID-19.

“Harapannya produk-produk khas kita bisa lebih dikenal oleh dunia,” ujarnya.