Festival Kopi dan Tahu Sumedang berlangsung di Thamrin 10. (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

Jakarta, MNEWS.co.id – Festival Kopi dan Tahu Sumedang berlangsung di pusat kuliner Thamrin 10 di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, sejak 10 Desember hingga 12 Desember 2021.  Festival ini menampilkan berbagai produk UMKM Kabupaten Sumedang, antara lain kopi, Batik Kasumedangan, makanan olahan, kerajinan, dan ukiran.

“Sebuah kerja bersama yang menjadi aksi dan kegiatan, mulai dari produksi beras untuk Jakarta dan sekarang hasil UMKM warga Sumedang dipamerkan dan dipasarkan di Jakarta, di pusat perekonomian agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari produk tersebut,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikutip dari Antara.

Anies mengapresiasi kerja sama yang baik antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang. Keduanya telah menandatangani perjanjian kerja sama dan aktif untuk mengerjakan setiap poin perjanjian kerja sama tersebut.

Menurut Anies, Thamrin 10 di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, telah menjadi etalase UMKM kuliner maupun produk kerajinan yang biasanya ramai dinikmati warga Jakarta hingga malam hari sebelum masa pandemi Covid-19. Bahkan, perputaran ekonomi dan transaksi di salah satu pusat kuliner tersebut bisa mencapai Rp 180 juta per hari.

Dengan kasus Covid-19 yang mulai terkendali, Anies berharap Jakarta memiliki andil untuk kembali membangkitkan usaha dan perekonomian pelaku UMKM yang sebelumnya amat terdampak karena pandemi.

“Ketika di Jakarta terjadi transaksi lebih banyak, maka akan punya efek pada daerah produsen, sehingga perputaran perekonomiannya jauh lebih cepat lagi bangkitnya,” kata Anies.