Ilustrasi. (Foto: Antara)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sebagai orang yang menggeluti dunia usaha, khususnya di bidang kuliner, Irish Bella mengerti proses perjuangan yang dialami para pelaku UMKM. Karena itulah, Irish Bella rela ikut mempromosikan dagangan mereka.

Seperti yang Irish lakukan saat sesi live streaming bersama Pasar Kreatif Digital. Selama satu jam lebih, Irish memaparkan produk UMKM mulai dari pakaian, mukena hingga produk perawatan kulit. Ia ikut memberikan ulasan mengenai produk yang dijual karena dia menggunakannya langsung.

“Selain kita bisa menawarkan harga termurah dibanding semua platform marketplace yang ada, kita juga bisa berinteraksi langsung dengan konsumen. Ada kepuasan tersendiri bisa menjual jumlah besar produk hanya dalam waktu beberapa jam saja,” kata Irish.

Sejak kebiasaan melakukan promosi lewat live streaming, banyak klien Irish memintanya melakukan hal serupa. Irish pun senang melihat banyak produk UMKM yang terjual berkat promosi dan rekomendasi darinya.

“Banyak klien aku yang tadinya endorse sekarang lebih senang minta aku live shopping karena mereka tidak hanya mendapatkan eksposur tapi juga berimbas langsung ke kenaikan penjualan,” ujar Irish.

Sebelumnya, Pasar Kreatif Digital telah bekerja sama dengan marketplace terbesar di Indonesia untuk menghadirkan pengalaman baru bagi para konsumen. Dampak nyata bagi para pelaku UMKM pun diungkapkan oleh Founder dari Pasar Kreatif Digital, Daniel Tjandra.

“Livestream social commerce tidak hanya membuat para UMKM bisa bersaing dengan brand-brand besar, tapi juga menghadirkan lapangan kerja baru bagi kami. Lowongan livestream coordinator dan livestream manager di sisi brand saat ini sudah bukan hal yang aneh lagi. Kami bahkan melihat beberapa penjual kecil yang fokus di livestreaming tumbuh menjadi penjual besar,” kata Daniel Tjandra.

Selain Irish, hal serupa juga pernah dilakukan pasangan Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama. Mereka ikut menjajakan produk panci hingga treadmill.

“Aku sudah jualan panci sampai treadmill, kolaborasi sama Pasar Kreatif Digital. Alhamdulilah klien senang. Harapannya makin banyak bisa bantu penjual kecil dan bisa dapat cuan juga dari peluang baru ini,” kata Ussy.