Sebanyak 8 jenama fesyen Indonesia tampil di L'adresse Trade Showroom-Paris Fashion Week 2023 pada 29 September—2 Oktober 2023 di Paris, Prancis.

MNEWS.co.id – Sebanyak delapan jenama fesyen Indonesia tampil dalam L’adresse Trade Showroom di Paris Fashion Week 2023 pada 29 September-2 Oktober 2023.

Kehadiran delapan jenama fesyen Indonesia ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk mempromosikan potensi fesyen Indonesia di kancah internasional.

Kedelapan jenama tersebut antara lain Artkea, IKYK, Aidan and Ice, Ellyhan Jewelry, Jewel Rocks, 3Mongkis, Long Story Short, dan Christin Wu yang masing-masing menampilkan berbagai macam gaya dan konsep.

Pemerintah Indonesia berharap dengan tampilnya delapan jenama fesyen Indonesia di Paris Fashion Week 2023, akan semakin meningkatkan awareness masyarakat dunia terhadap fesyen Indonesia. Selain itu, pemerintah juga berharap agar keterlibatan Indonesia dalam Paris Fashion Week 2023 dapat membuka peluang ekspor fesyen Indonesia ke pasar global.

Dalam pernyataan tertulisnya, Duta Besar Indonesia untuk Prancis Mohamad Oemar mengatakan, penetrasi pasar ke Prancis harus dilakukan dengan menyesuaikan ke selera pasar Prancis sebagai pusat mode dunia.

Dengan menyesuaikan pasar, produk Indonesia, khususnya produk fesyen akan semakin mampu bersaing di pasar internasional.

“KBRI Paris terus berkomitmen penuh mendukung karya kreatif Indonesia masuk ke pasar fesyen dunia melalui Paris, di antaranya dengan mengikuti agenda resmi Paris Fashion Week 2023. Upaya ini telah dimulai awal 2022 melalui kerja sama dengan L’Adresse Trade Showroom dan akan terus berlanjut sampai tahun-tahun mendatang,” tambah Dubes Oemar dilansir MNEWS.co.id dari keterangan pers Kemendag.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo menyatakan, keikutsertaan binaan Jakarta Entrepreneur pada pameran ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperluas skala pemasaran produk usaha kecil dan menengah (UKM) lokal agar memiliki daya saing global.

Pendiri 3Mongkis Hetty Awi menyatakan kebanggaannya karena dapat memamerkan koleksinya yang bertajuk Lotus untuk pertama kali pada ajang L’adresse Showroom Paris Fashion Week 2023.

Menurutnya, setiap potongan koleksinya telah dirancang dengan sempurna untuk melengkapi gaya pakaian konsumen di berbagai kesempatan, baik saat acara formal atau santai. Dia berharap Lotus akan diterima dan dihargai masyarakat Indonesia dan internasional.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi berharap lebih banyak lagi jenama Indonesia yangmemiliki kesempatan untuk mengakses pasar ekspor dengan mengikuti berbagai kegiatan promosi yang dilaksanakan Kemendag.

“Keikutsertaan dalam ajang fesyen internasional merupakan bentuk komitmen Kemendag terhadap penguatan industri modest fashion Indonesia dan mewujudkan cita-cita menjadikan Indonesia sebagai kiblat modest fashion dunia,” pungkas Didi.