Jakarta, MNEWS.co.id – Sering kali masalah utama yang dialami mayoritas pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah kurangnya pemahaman mengenai branding. Kebanyakan dari pelaku bisnis UMKM masih menilai jika hanya dengan memiliki logo dan label, berarti mereka sudah memiliki brand.
Branding adalah cara membuat persepsi positif tentang produk, perusahaan, maupun layanan yang diberikan oleh bisnis Anda. Atau, bagaimana konsumen membedakan bisnis kita dengan para pesaing. Branding yang efektif dan tepat dapat mempengaruhi pengembangan bisnis, menaikkan nilai jual produk, serta mampu menarik “perhatian” calon konsumen baru.
Membuat branding bisnis yang kuat bukan hanya perkara logo atau label saja. Inti pada branding adalah identitas atau wajah yang ingin ditunjukkan brand Anda kepada masyarakat luas. Dilansir dari Berita Satu, berikut empat hal yang harus dipersiapkan UMKM untuk memenangkan persaingan melalui branding
Produk
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membangun sebuah pondasi bisnis dengan produk yang bekualitas. Selain itu, Anda juga bisa menciptakan produk-produk unik, yang tentunya tak dimiliki oleh pesaing Anda.
Hal ini dapat dilakukan jika terus melakukan riset pasar. Produk apakah yang sedang trend atau yang tengah digandrungi oleh konsumen. Untuk produk-produk unik ini Anda bisa memulai dengan membuat packaging custom.
Anda bisa mengkreasikan sendiri packaging sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk menambahkan logo atau label yang menjadi tanda bagi konsuken untuk mengenali brand kita. Packaging yang unik dan bagus tentu akan meningkatkan value brand Anda.
Brand Identity
Anda bisa membangun citra brand Anda melalui aset visual cetak seperti pamflet, atau pesan pemasaran melalui brosur. Yang perlu diperhatikan dalam membuat aset-aset visual ini dengan memperhatikan warna, nilai, dan pesan brand Anda secara keseluruhan.
Service
Selain produk, konsumen tentunya membutuhkan nilai plus berupa servis yang baik. Anda bisa memulainya dengan mengetahui apa yang pelanggan butuhkan sehingga bisnis mampu memenuhi keinginan pelanggan.
Servis ini tentu berhubungan sekali dengan brand personality dan brand voice, seperti bagaimana caranya kita menjawab segala pertanyaan pelanggan hingga strategi untuk memenuhi kebutuhannya.
Promosi
Sejatinya, branding bukan hanya soal logo, label, atau packaging. Branding harus mencakup keseluruhan bisnis seperti kartu nama, marketing tools atau materi seperti banner, spanduk, seragam staf dan dekorasi toko atau kantor.
Branding menjadi salah satu strategi pemasaran untuk meraih kesuksesan bagi UMKM. Hal terpenting adalah seberapa besar brand dan produk memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan dalam jangka waktu yang panjang. Dengan memperkuat nama brand, bisnis Anda akan lebih mudah dikenali dan tentu akan mudah dipilih oleh konsumen untuk mewakili produk-produk serupa.