Ilustrasi. (Foto: Pexels)
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

Jakarta, MNEWS.co.id – Dalam berbisnis, membuat konten marketing yang menarik merupakan sesuatu hal yang sangat diperlukan agar bisnis Anda semakin maju. Melalui konten marketing yang menarik, pelaku UMKM akan lebih mudah menciptakan hubungan yang kuat dengan para konsumen. 

Saat ini sudah banyak para pemilik usaha yang menyadari betapa pentingnya konten marketing yang menjadi bagian dari strategi marketing mereka. Konten marketing merupakan salah satu cara paling efektif bagi pelaku UMKM, khususnya yang menggunakan media online dalam memasarkan usahanya. 

Namun membuat konten marketing yang memiliki kualitas itu tidak mudah, karena dalam membuatnya pelaku UMKM harus mampu menyakinkan para konsumen bahwa konten yang dibuat adalah konten yang tepat, untuk orang yang tepat, dan pada waktu yang tepat juga.

Berikut ini beberapa hal yang perlu pelaku UMKM perhatikan dalam membuat konten yang menarik dan berkualitas.

Buat Konten yang  Menarik dan Sesuai Dengan Tren

Membuat konten yang menarik salah satu hal yang harus pelaku UMKM perhatikan adalah apa yang sedang menjadi tren saat ini. Pelaku UMKM bisa menggunakan Google Trends untuk mengetahui tren apa yang sedang menjadi perbincangan saat ini. Setelah itu pelaku UMKM bisa memilih serta menyesuaikan tren yang cocok dengan bisnis yang dimiliki dan aplikasikan tren yang ada ke dalam konten yang dibuat.

Konten Harus Sesuai dengan Target Konsumen 

Dalam membuat konten yang menarik, pelaku UMKM harus memahami siapa target audiens, apa yang dibutuhkan dan apakah konten tersebut dapat mendidik, menghibur, dan mengubah pola pikir konsumen. Maka dari itu konten yang dibuat harus bisa mendefinisikan target konsumen dan pelaku UMKM perlu memahami lebih dalam mengenai lokasi geografis, pekerjaan, pendapatan dan karakteristik konsumen mereka.  Posisikan diri sebagai konsumen dan mulailah memahami motivasi yang mereka miliki.

Lakukan Promosi dan Distribusikan Konten

Menurut studi pada tahun 2014 yang dilakukan oleh Altimeter menunjukan bahwa 53% para pemilik bisnis tahu apa yang diperlukan dengan adanya strategi konten yang dibuat, namun hanya 26% yang benar-benar melakukannya.  Setelah membuat konten, langkah selanjutnya adalah mendistribusikannya. Distribusi konten dapat dilakukan melalui media sosial, website, blog, dan berbagai channel promosi lainnya. Tentunya pelaku UMKM harus mendistribusikan konten secara rutin untuk menambah konsumen.

Tentukan Tujuan

Dalam membuat konten yang menarik, pelaku UMKM harus melakukannya secara berkala dan bertahap untuk mendapatkan hasil akhir berupa peningkatan penjualan. Tujuan utama membuat konten marketing berkualitas adalah meningkatkan brand awareness agar semakin banyak orang yang mengetahui bisnis kita. Setelah fase brand awareness tersebut selanjutnya adalah menetapkan tujuan menjadi peningkatan penjualan dan pelaku UMKM bisa mengembangkan konten dengan fokus ke produk, promo-promo, dan sebagainya. 

Dalam pembuatan konten marketing yang menarik, pelaku UMKM harus mampu untuk dapat menyelesaikan masalah dan belajar hal baru, karena membuat konten marketing yang berkualitas akan membutuhkan  kesabaran, kreativitas, dan analisa. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here