Bank BNI Ajak UMKM Go Online Melalui Kampanye #UntukUMKM­Indonesia
Ilustrasi RKB BNI. (Foto: Dok. BNI)

Jakarta, MNEWS.co.id – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengajak para pelaku UMKM untuk berjualan secara ­online melalui program BNI Kreasi Nusantara Craft ­Online. Program yang ditujukan untuk membantu UMKM bertahan dari dampak Covid-19 itu mempermudah proses berjualan secara online.

Corina Leyla Karnalies, Direktur Bisnis Konsumer BNI, mengatakan bahwa BNI Kreasi Nusantara Craft Online merupakan terobosan yang dilakukan untuk membantu produsen produk lokal membuka pasar baru secara ­online. Langkah itu juga diharapkan mampu membuka pe­luang para pekerja yang kehilangan pekerjaannya untuk tetap aktif secara ekonomi.

“Ini adalah cara kami memberikan stimulus pasar online kepada UMKM. Searah dengan upaya pemerintah dalam gerakan nasional bangga buatan Indonesia, dan gerakan 100.000 UMKM go online,” katanya.

Nuri Ningsih Hidayati, pendiri Marenggo Natural Dyes Batik (Marenggo) yang menjadi salah satu binaan BNI, mengatakan bahwa pihaknya mulai menerapkan ber­bagai tips yang diberikan saat pihaknya mendapatkan pelatihan dari BNI.

Hal itu dilakukan agar dapat mempertahankan pen­jualannya di tengah pandemi Covid-19. Ke depan, Marenggo pun akan fokus mengembangkan penjualan berbasis website. Saat ini Marenggo sebenarnya telah memiliki laman resmi, tetapi masih kesulitan untuk menjadikannya sebagai kanal penjualan.

Selain itu, Nuri juga aktif memanfaatkan media sosial, WhatsApp, dan email untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Bahkan, Nuri juga menghubungi sejumlah konsumen yang pernah membeli batiknya untuk ditawarkan produk terbaru.

Untuk mendukung pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19, BNI juga melakukan kampanye #UntukUMKM­Indonesia. Kampanye tersebut dilakukan bersama mitra UMKM Rumah Kreatif BUMN (RKB) dengan menginisiasi pemasaran online.

Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan ­Menengah (UMKM) BNI Tambok P Setyawati mengatakan bahwa dengan membeli produk UMKM dari RKB BNI, secara tidak langsung masyarakat turut membantu pelaku usaha rumahan agar tetap bertahan dengan bisnisnya di tengah pandemi Covid-19.

Jika usaha berjalan, tentunya akan menahan laju pemutusan hubungan kerja (PHK), dan dapat menekan potensi gangguan sosial di masyarakat.

“Ditengah wabah Covid-19 ini, pemasaran online dengan memaksimalkan teknologi merupakan salah satu strategi untuk tetap bertahan bagi UMKM. Hal ini sejalan dengan misi RKB untuk menjadi wadah bagi UMKM dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha dengan cara Go ModernGo ­Digital, dan Go Online,” ujarnya.

Melalui Program #UntukUMKMIndonesia, BNI memfasilitasi kurasi produk UMKM mitra RKB dari berbagai kota di Indonesia. Kurasi ini bertujuan untuk memudahkan para pelanggan tetap mitra binaan agar dapat memenuhi kebutuhannya tanpa harus keluar rumah.

Masyarakat juga dapat melakuan pemesanan ­produk-produk unggulan UMKM dengan meng­akses official instagram @RKB.BNI dan 14 akun media social RKB binaan BNI yang tersebar di ber­bagai kota di Indonesia.