Chef. (Foto: IMDB)
Chef. (Foto: IMDB)

Jakarta, MNEWS.co.id – Hasil survei yang pernah dilakukan oleh LinkedIn menyebutkan, sebanyak 50 persen orang Indonesia ingin menjadi seorang pengusaha mandiri atau entrepreneur. Data tersebut diambil dari survei berjudul “LinkedIn Opportunity Index” yang melibatkan 11 juta pengguna situs LinkedIn dari Indonesia.

Perlu diketahui jka menjadi seorang pengusaha tidaklah mudah. Berbagai tantangan dan rintangan harus dihadapi jika ingin menjadi pengusaha sukses di masa sekarang dan di masa depan. Tidak hanya tantangan, beragam pengalaman baru juga akan dihadapi saat berproses di tengah jalan menjadi pengusaha.

Beberapa film yang dirangkum MNEWS dari berbagai sumber berikut ini dapat menjadi inspirasimu untuk menjadi pengusaha yang tangguh.

The Pursuit of Happyness (2006)

The Pursuit of Happyness. (Foto: IMDB)

 

Film yang diperankan oleh Will Smith ini tidak hanya bicara soal bisnis dan investasi, tapi juga soal perjuangan seorang ayah di tengah masa krisis hidupnya.

Menyentuh hati sekaligus menginspirasi, sehingga tidak mengherankan jika film The Pursuit Of Happiness ini mendapatkan pujian dan penghargaan.

Bercerita tentang sesosok pria bernama Chris Gardner, seorang salesman yang harus membesarkan anaknya yang masih kecil, dalam kondisi tidak punya uang, maupun rumah. Namun hebatnya, keadaan tidak membuat dia terpuruk, justru sebaliknya, Ia membuktikan bahwa kekurangan serta kesulitan apapun bisa diatasi dengan kemauan yang kuat. 

Top Secret: The Billionaire (2011)

The Billionaire. (Foto: Kincir.com)

 

Banyak pandangan di tengah masyarakat menganggap bahwa orang yang sukses haruslah memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Namun, film Top Secret the Billionaire membuktikan, meskipun tidak sukses di bangku pendidikan, kita tetap dapat menjadi seorang entrepreneur yang berhasil.

Film Thailand yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan tentang Top Ittipat, seorang anak muda yang putus sekolah akibat kecanduan bermain game dan akhirnya mencoba merintis usaha camilan rumput laut setelah keluarganya bangkrut. Meskipun berkali-kali gagal dan hampir kehabisan uang, Top tidak menyerah sampai akhirnya ia berhasil membuat snack rumput laut bernama Tao Kae Noi yang mendunia hingga sekarang.

The Startup Kids (2012)

Sesuai dengan judulnya, film ini berkisah tentang beberapa anak muda di Amerika dan Eropa yang menjadi entrepreneur sukses di bidang teknologi. Dalam usia muda, pemuda-pemudi tersebut berhasil membangun perusahaan startup mereka. Beberapa di antaranya merupakan aplikasi ternama seperti Dropbox, SoundCloud, dan Vimeo. Film yang dikemas dalam bentuk dokumenter ini menyajikan wawancara langsung dengan para pendiri perusahaan, di mana mereka berbagi perjalanan jatuh bangun dalam membangun usahanya.

Chef (2014)

Chef. (Foto: IMDB)

 

Film ini berangkat dari konflik yang dihadapi seorang pegawai setiap harinya di kantor. Chef menceritakan seorang  koki berbakat bernama Carl (Jon Favreau) yang sudah suntuk dengan kerjaannya sehari-hari. Carl memutuskan untuk resign dan membuat usahanya sendiri dengan membuka food truck.

Cemoohan dan disepelekan adalah hal yang Carl dapatkan tiap hari. Namun, Carl tetap gigih memasarkan food truck-nya. Apalagi, Carl punya strategi pemasaran yang cukup unik. Dia menggunakan jejaring sosial Twitter untuk mempromosikan usaha yang dirintisnya itu. Sedikit demi sedikit, usahanya mulai terkenal.

Film ini bisa jadi acuan buat Anda yang pengin merintis usaha di bidang kuliner setelah resign dari pekerjaan.

Joy (2015)

Joy. (Foto: IMDB)

 

Jennifer Lawrence mendapatkan nominasi untuk Academy Award atas penampilannya sebagai Joy Mangano, seorang ibu tunggal yang menemukan Miracle Mop. Melalui dedikasinya, Joy menjadi jutawan yang kini memiliki lebih dari 100 hak paten.

Joy mengalami tantangannya sendiri, seperti pengkhianatan keluarga dan iklim industri yang berubah-ubah. Film ini layak tonton untuk memupuk jiwa bisnismu.

 

Ketika kamu memutuskan untuk menjadi pengusaha, kita bisa belajar mengambil sisi positif dari berbagai inspirasi cerita pengusaha sebelumnya yang menemukan kesuksesan dengan gayanya masing-masing. Kunci sukses adalah kerja keras, pantang menyerah, inovasi, integritas, dan konsistensi. 

Selamat menonton dan semoga terinpirasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here