Festival Diskon Nasional 2021. (Foto: Istimewa/Republika)

Jakarta, MNEWS.co.id – Mengusung tema “Jakarta Punya Diskon”, Festival Diskon Nasional 2021 (FDN 2021) kembali digelar dengan tujuan untuk mendorong minat masyarakat dalam berbelanja produk lokal. Selain itu juga untuk mempromosikan berbagai brand lokal ternama serta hasil kreasi UMKM di DKI Jakarta. Kegiatan ini telah berlangsung sejak 1 Desember hingga 31 Desember 2021.

“Harapannya inisiatif ini dapat ikut memutar roda perekonomian dan menghadirkan optimisme bagi para pelaku usaha di Indonesia, serta masyarakat luas dalam rangka pemulihan ekonomi nasional,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam Pembukaan Kegiatan Festival Diskon Nasional 2021 secara virtual, Sabtu (4/12/21).

FDN 2021, sebagai rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang diusung Pemerintah, merupakan program penutup akhir tahun pada rangkaian kegiatan BBI yang dijalankan oleh Kementerian BUMN selaku Campaign Manager Gernas BBI dan merupakan hasil sinergi berbagai Kementerian yang dikoordinasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

Kementerian BUMN dalam kesempatan ini berkolaborasi dengan Bank Mandiri dalam pelaksanaan kegiatan FDN kali ini yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata untuk membawa ekonomi Indonesia dapat keluar dari tekanan pandemi Covid-19.

FDN 2021 berkolaborasi dengan idEA (Indonesia E-Commerce Association) melalui penyelenggaraan “Hari Belanja Online Nasional” (Harbolnas) pada 11-12 Desember 2021. Tak terbatas pada produk yang dijual secara online, Festival Diskon Nasional 2021 juga menggandeng HIPPINDO (Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia) dengan mensinergikan program “Hari Belanja Diskon Indonesia” (HBDI) khususnya pada Anggota HIPPINDO yang berada di DKI Jakarta.

FDN 2021 turut didukung oleh berbagai mitra kolaborasi yakni Kementerian Koperasi dan UKM, Kemenparekraf, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dekranas, iDEA, Sarinah, Munik, Hippindo, Jakarta Creative City Forum (JCCF) dan Bank Mandiri.

FDN 2021 mengikutsertakan 12 BUMN, lebih dari 50 e-Commerce, lebih dari 1.000 Pengusaha Lokal, lebih dari 50 ribu UMKM, dan 4 penyelenggara Uang Elektronik. Dalam seluruh rangkaian program FDN 2021, masyarakat akan menikmati berbagai program dan penawaran menarik baik dalam bentuk program diskon khusus maupun cashback yang akan dikemas secara Online dalam bentuk Flash Sale, Live Shopping, Virtual Expo dan Webinar serta Offline dalam bentuk FDN Market, Pop Up Store, serta in store promotion tentunya dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Untuk mengetahui rangkaian kegiatan FDN 2021, masyarakat dapat mengakses website www.festivaldiskonnasional.com dimana akan menyajikan pengalaman yang unik dalam menjelajah kota DKI Jakarta secara virtual, berinteraksi menggunakan avatar yang dapat dikustomisasikan, mengunjungi landmark isometric DKI Jakarta, serta mengikuti aneka permainan serta kegiatan virtual yang telah dipersiapkan seperti workshop, live shopping, hingga kunjungan kepada virtual booth UMKM yang akan menyajikan produk UMKM kebanggaan DKI Jakarta.