Ilustrasi liburan. (Foto: tiket.com)

MNEWS.co.id – Pemerintah telah mengumumkan jika libur Iduladha 2023 menjadi 3 hari dengan penetapan tanggal 29 dan 30 Juni sebagai cuti bersama.

Penambahan cuti bersama ini didasari oleh pertimbangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata, serta memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk bersama orang tua mereka selama liburan sekolah pada perayaan Iduladha tahun 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pun mengajak masyarakat untuk menghabiskan momen liburan sekolah dan Iduladha untuk berwisata di Indonesia saja.

Sandiaga mengatakan, masa liburan yang dimulai sejak 29 Juni hingga 16 Juli atau selama tiga pekan ini patut dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berkunjung ke destinasi-destinasi wisata di Indonesia.

“Ini adalah potensi yang besar dan kita harus betul-betul memanfaatkan kesempatan ini untuk bangga berwisata ‘Di Indonesia Aja’,” kata Sandiaga dikutip MEWS.co.id dari siaran pers Kemenparekraf.

Sandiaga juga mengajak agar para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan pihak-pihak terkait untuk memanfaatkan momentum liburan panjang ini demi mendorong program-program Kemenparekraf seperti pengembangan desa wisata dan event-event yang dapat memperkuat promosi sektor parekraf di Indonesia. 

Salah satu program yang dikembangkan Kemenparekraf untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia adalah meluncurkan E-Booklet “Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja” dalam rangka menyambut musim mudik Iduladha pada 29 Juni 2023.

“(E-booklet) Ini bisa menjadi referensi (wisatawan) kesempatan untuk menyaksikan kegiatan kurban di masjid-masjid di seputaran jalur mudik. Jadi ini safari masjid dalam rangka menikmati wisata minat khusus,” ujarnya.

Sebelumnya, Kemenparekraf mendorong pergerakan wisatawan nusantara dalam upaya memenuhi target 1,2 miliar-1,4 miliar perjalanan melalui program “Libur Sekolah #DiIndonesiaAja”. Program ini diharapkan bisa mempercepat kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja di momen liburan sekolah.

Untuk mendukung inisiatif tersebut, tiket.com mengadakan kolaborasi kampanye Holideals edisi Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dengan memberikan kode promo khusus PESONAIDN yang dapat digunakan di seluruh maskapai domestik dan ke rute domestik Indonesia.

Terdapat 12 destinasi dari program ini, di antaranya seperti rute Surabaya, Denpasar, Jogja, Pekanbaru, Padang, Batam, Semarang, Lombok, Jambi, Silangit, Solo, hingga Pontianak. 

Melalui program ini, masyarakat dapat memanfaatkan potongan harga untuk berlibur sekeluarga dengan memanfaatkan kode promo khusus edisi Kemenparekraf.

Menurut Maria Risa Puspitasari, SVP of Brand Marketing tiket.com, Holideals edisi BBWI hadir di waktu yang tepat untuk memberikan inspirasi baru bagi  orang tua yang ingin mengajak anaknya berlibur ke di Indonesia, sehingga dapat menambah wawasan dan menanamkan  rasa cinta anak pada destinasi domestik.

“Dalam Holideals kali ini, orang tua dapat mengkolaborasikan kegiatan belajar yang dibungkus dalam agenda liburan, di mana sekaligus dapat menambah wawasan serta kecintaan anak pada destinasi di Indonesia sehingga akan  lebih berkesan pada anak,” pungkasnya.