Ilustrasi pelaku usaha perempuan. (Foto: Shutterstock)

MNEWS.co.id – Stellar Power Accelerator 2024 akan kembali digelar sebagai sebuah inisiatif yang bertujuan memperkuat UMKM yang dijalankan oleh perempuan.

Sebanyak 64 persen UMKM di Indonesia dimiliki oleh perempuan. Melalui Stellar Power Accelerator diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan perempuan dalam kewirausahaan dengan program pemberdayaan yang disesuaikan untuk memajukan peran mereka sebagai penggerak ekonomi nasional.

“Memasuki tahun keempat ini, komitmen kami dalam memberdayakan wanita di Indonesia semakin menguat. Stellar Power Accelerator 2024 tidak hanya bertujuan untuk menghubungkan para wanita pengusaha, namun juga menghubungkan pihak-pihak yang menjadi faktor kunci dalam kemajuan wanita pengusaha di era digital,” kata Co Founder Stellar Women Aliya Amitra dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Aliya berharap melalui program tersebut para perempuan pengusaha dapat lebih berdaya dalam bersaing dan berkembang di masa depan. 

Stellar Power Accelerator 2024 memungkinkan perempuan untuk bertemu dengan pengusaha atau profesional yang memiliki pemikiran serupa yang juga mengalami proses perjalanan bisnis sama, sehingga mereka bisa saling memotivasi untuk mengembangkan bisnis sekaligus membangun peluang bisnis di masa depan.

Stellar Power Accelerator 2024 mengusung tema “Empowering the Next Wave of Female Entrepreneurs” dan akan digelar pada tanggal 25 Januari-21 Februari 2024. 

Acara ini terdiri atas berbagai rangkaian acara seperti workshop luring, sesi mentorship, dan kelas daring.

Sesi daring terbuka untuk publik yang bebas untuk memilih modul kelas untuk dipelajari. Sedangkan untuk sesi workshop luring, peserta yang dapat mengikuti sesi ini setidaknya sudah memiliki bisnis pada tahap early stage (1-3 tahun) dan kemudian dikurasi sehingga terpilih 100 womenpreneur yang dapat mengikuti program di dua lokasi yaitu kantor Google Indonesia (26 Januari & 1 Februari 2024) dan XenSpace (25 Januari & 2 Februari 2024) dengan total 8 kelas.

Sementara untuk sesi mentorship, terdapat beberapa wanita mentor pemimpin perusahaan dari berbagai sektor bisnis seperti Jessica Stephanie Jap (COO & Co-founder at ASTRO), Maria Sahara (Product Director Xendit), Benedikta Satya (Country Director Searce Indonesia), Fibriyani Elastria (Chief Marketing Officer Pinhome), Lili Wijata (COO of Sinarmas Financial Holding), Ira S Ira Santoso (Proxy of President Director PT Metrodata Electronics, Tbk), Adindya Natasya (Creative Lead Indonesia at Google), Patricia Muljadi (Sales Lead, Mid Market Segment Xendit), dan Ellen Pranata (Founder & CEO at KLAR).

Stellar Power Accelerator adalah salah satu acara unggulan Stellar Women yang telah diselenggarakan selama 4 tahun dan berhasil menjaring lebih dari 3500 alumni, 1300 womenpreneur, dan 120 mentor di seluruh Indonesia. 

Acara ini merupakan sebuah tempat bagi calon wanita pengusaha untuk memperoleh banyak keterampilan penting yang mereka butuhkan dalam menjalankan bisnis dari pemasaran, keuangan, komunikasi, hingga keterampilan teknis dasar.