Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menunjukkan mobil untuk promosi produk UMKM. (Foto: Diskominfo Purwakarta)

MNEWS.co.id – Musim mudik Lebaran merupakan waktu yang sangat dinantikan oleh banyak orang, terutama mereka yang akan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Tidak hanya momen untuk bersilaturahmi, tapi juga momen berbelanja oleh para pemudik.

Untuk mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melakukan langkah strategis dengan mengoptimalkan pemasaran produk UMKM di Galeri Menong atau galeri oleh-oleh khas Purwakarta selama musim mudik Lebaran.

Galeri Menong merupakan pusat promosi dan pemasaran berbagai produk UMKM Purwakarta, mulai dari makanan khas, kerajinan tangan, hingga pakaian. Di musim mudik, galeri ini menjadi salah satu tujuan favorit para pemudik untuk membeli oleh-oleh.

Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Purwakarta, Eka Sugriyana mengatakan bahwa kini sudah ada dua Galeri Menong di Purwakarta.

Eka mengungkapkan, Galeri Menong 1 dan Galeri Menong 2 sudah menggandeng sekitar 100 pelaku UMKM dari seluruh Purwakarta untuk mempromosikan dan memasarkan berbagai produk unggulannya.

Menurutnya, besarnya jumlah pemudik ke berbagai tujuan daerah di Pulau Jawa merupakan potensi pasar yang cukup besar dan bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM Purwakarta.

Berdasarkan Data Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, diprediksi akan ada pergerakan pemudik secara nasional sebanyak 71,7 persen jumlah penduduk Indonesia, atau mencapai 193,6 juta jiwa.

Dari jumlah itu, 61,6 juta pemudik tujuan Jawa Tengah, 37 juta pemudik tujuan Jawa Timur, dan 32 juta pemudik tujuan berbagai daerah di Jawa Barat. Sisanya tersebar ke berbagai tujuan mudik ke daerah-daerah lain.

“Jumlah pemudik yang demikian besar itu merupakan pasar besar bagi berbagai komoditas dan produk unggulan khas Purwakarta. Jadi pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan peluang itu,” kata Eka dilansir MNEWS.coid dari Antara.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Usaha Kecil Menengah Agro Purwakarta, Siti Halimah menyambut baik upaya mengoptimalkan pemasaran produk UMKM pada musim mudik lebaran tahun ini.

Ia menyampaikan, pelaku UMKM menyambut baik tawaran Pemkab Purwakarta untuk mengoptimalkan Galeri Menong 1 dan Galeri Menong 2 sebagai pusat promosi dan pemasaran berbagai produk UMKM.

“Untuk memanfaatkan peluang ekonomi yang besar itu, para pelaku UMKM harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa menjaring nilai ekonomis dari kedatangan para pengunjung ada musim libur lebaran di Purwakarta,” kata Halimah.