Festival Kuliner Ikan Tuna Tamendao 2023. (Foto: read.id)

MNEWS.co.id – Gorontalo, sebuah provinsi yang terletak di pesisir utara Sulawesi, telah lama dikenal sebagai salah satu penghasil ikan tuna terbaik di Indonesia. Potensi ikan tuna yang melimpah di perairan sekitarnya telah membawa berkah bagi industri perikanan dan juga bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat.

Salah satu wujud apresiasi terhadap kekayaan alam ini adalah melalui penyelenggaraan Festival Kuliner Ikan Tuna, yang tidak hanya mempromosikan produk laut lokal tetapi juga memberikan dampak positif bagi UMKM di Gorontalo.

Festival Kuliner Ikan Tuna digelar mulai 28 September-1 Oktober 2023 dan diramaikan oleh 100 UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia serta perbankan lainnya.

Selain untuk sektor kuliner ikan tuna, festival itu juga diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan nusantara.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo Dian Nugraha mengatakan Festival Kuliner Ikan Tuna berdampak positif bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan nelayan Gorontalo.

“Kami dari Bank Indonesia tentu mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini,” kata Dian usai menghadiri pembukaan festival yang digelar di objek wisata Tamendao, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis (28/9/2023) dilansir MNEWS.co.id dari Antara.

Kegiatan itu diharapkan menjadi sarana pengembangan dan promosi bagi 100 UMKM binaan Bank Indonesia dan nelayan yang hadir pada festival tersebut.

Pelaku UMKM yang terlibat dalam festival ini menghadirkan berbagai jenis produk makanan, termasuk beberapa di antaranya adalah produk-produk olahan ikan tuna yang diolah menjadi sambal, abon, dan sejenisnya.

“Harapannya ini menjadi ikon baru dari aspek wisata kuliner di Kota Gorontalo khususnya,” ujarnya.

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menyebut Festival Kuliner Ikan Tuna yang digelar di objek wisata Tamendao, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo membangkitkan sektor kuliner dan perikanan di daerah tersebut.

“Kita perlu mendorong, membangkitkan kembali UMKM-UMKM di Gorontalo, khususnya pada di sektor kuliner,” ucap Rachmat pada pembukaan festival itu.

Ia menjelaskan, Provinsi Gorontalo merupakan salah satu daerah penghasil ikan tuna sirip kuning di Indonesia.

Melalui festival yang telah dua kali digelar tersebut, ia ingin meningkatkan penghasilan ataupun mendorong motivasi untuk para nelayan-nelayan di Provinsi Gorontalo untuk dapat berkembang.