Ilustrasi e-commerce. (Foto: Pixabay)

MNEWS.co.id – Siapa sih yang tidak suka belanja? Apalagi ketika gajian sudah diterima dan banyak promo belanja online yang menggoda!

Namun, sering kali rayuan promo tersebut membuat kita tergoda untuk berlebihan dan menguras kantong saat belanja online.

Nah, agar gajian bulanan tidak hanya sekadar numpang lewat, yuk, simak beberapa kiat belanja online hemat berikut ini.

Teliti sebelum check-out, bandingkan dulu harga produk
Ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan masyarakat ketika berbelanja secara online, mulai dari membandingkan jenis produk, membaca ulasan dan tingkat kepuasan pembeli yang tertera di halaman ulasan produk. Membandingkan harga produk sangat penting agar pembeli bisa mendapatkan harga yang paling sesuai dengan keinginan.

Gunakan layanan dan paket khusus untuk dapatkan bebas ongkir lebih banyak
Biasanya platform marketplace menawarkan sederet fitur dan promo yang bisa bikin belanja online makin hemat, seperti flash sale, bebas ongkir dan masih banyak lagi. Bahkan banyak penjual yang memberikan penawaran paket bundling produk sehingga pembeli bisa berbelanja lebih banyak dengan harga lebih hemat.

Catat tanggal kampanye promo khusus dengan diskon lebih
Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan diskon dan promo. Banyak situs belanja online seringkali menawarkan potongan harga atau kode promo. Selalu cek situs tersebut sebelum berbelanja.

Jeli mencatat tanggal dan jam promo akan membuat belanja kebutuhan sehari-hari menjadi lebih efisien.

Perhatikan momentum kampanye atau jam-jam khusus yang menawarkan harga promo bagi pembeli. Kita bisa berhemat ketika berbelana di momen kampanye promo yang biasanya memberikan diskon lebih bagi pembeli.

Buat Daftar Produk yang Akan Dibeli
Susunlah daftar barang yang akan dibeli sebelum mulai berbelanja. Ini dapat membantu agar kita tetap fokus pada kebutuhan daripada keinginan impulsif. Dengan daftar produk tersebut, kita bisa menghindari pembelian impulsif yang seringkali merugikan.

Evaluasi Kembali, Apakah Ini Keinginan atau Kebutuhan
Terakhir, sebelum menyelesaikan pembelian, tanyakan pada diri sendiri apakah barang tersebut benar-benar diperlukan. Jika tidak, pertimbangkan untuk menunda pembelian atau menyimpan uangmu untuk kebutuhan yang lebih penting.

Dengan menerapkan kiat-kiat di atas, kamu dapat belanja online dengan bijak dan menghindari pengeluaran berlebihan. Ingatlah bahwa gajian tidak hanya sebatas untuk numpang lewat, tetapi juga untuk membangun keuangan yang lebih stabil.

Selamat berbelanja online hemat!