Empat UMKM di sektor kuliner herbal & wellness berhasil terpilih menjadi suvenir resmi perhelatan G20 Indonesia. Yuk, kenalan lebih dekat! (Foto: Jurnal Indonesia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kekayaan alam Indonesia berpotensi besar untuk diolah dan dimanfaatkan menjadi peluang usaha di industri health & wellness. Selain didukung dengan sumber daya alam yang cukup beragam, gaya hidup masyarakat pun diprediksi akan lebih mengarah pada pola hidup sehat dan natural. 

Potensi-potensi tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di sektor kuliner sehat dan herbal & wellness untuk bisa bersaing di tengah perkembangan tren gaya hidup natural.

Sektor-sektor ini pun tak luput dari perhatian Pemerintah dalam penyelenggaraan Presidensi G20 yang melibatkan produk pelaku UMKM kuliner, herbal, dan wellness sebagai merchandise resmi.

Setelah melalui serangkaian kurasi, terpilih empat UMKM di sektor kuliner, herbal, dan wellness yang berhasil menjadi suvenir resmi perhelatan G20 Indonesia dan diharapkan mampu menjadi ajang untuk memperkenalkan produk UMKM Indonesia ke hadapan dunia.

Yuk, kita kenalan dengan 4 UMKM Kuliner Herbal dan Wellness tersebut.

Dehealth Supplies

(Foto: www.instagram.com/dehealth_supplies)

Pelaku UMKM asal Jawa Timur yang menghadirkan produk minuman sehat seperti cuka apel, cuka lemon, dan cuka nanas. Produk Dehealth Supplies dibuat menggunakan bahan alami tanpa tambahan 4P (Penyedap, Pemanis, Pengawet, dan Pewarna) sintetis.

Adem Juice & Smoothies

(Foto: www.instagram.com/ademjuice)

Produk olahan UMKM Bali yang menghadirkan manfaat sayur serta buah segar dalam bentuk jus dan smoothies siap minum.

Lewi’s Organics

(Foto: www.instagram.com/lewisorganics_id)

Produk pelaku UMKM Banten yang menghadirkan produk camilan organik premium sehat dan lezat yang dibuat dengan bahan baku dari para petani lokal.

Tri Utami Jaya

(Foto: www.instagram.com/morikai.id)

Produk UMKM Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) berupa olahan teh daun kelor (moringa) yang memiliki banyak manfaat baik untuk menambah energi dan stamina serta meningkatkan daya tahan tubuh (imunstimolans).

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Koperasi dan UKM, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Fiki Satari mengatakan jika G20 menjadi peluang besar momentum ekskalasi pelaku UMKM Indonesia.

“Ini menjadi kesempatan besar ekskalasi peluang untuk UMKM Wellness Tradisi Indonesia, mengkonsolidasi ekosistem, mengoptimalkan transaksi dalam panggung dunia G20 di Bali,” ucapnya dalam diskusi santai UMKM sektor Wellness di Bali beberapa waktu yang lalu.